Wabup Lantik Majelis Hakim, Dewan Hakim dan Pembantu Dewan Hakim MTQ XXIII

PASIRPENGARAIAN – 64 Majelis Hakim, Dewan Hakim dan Pembantu Dewan Hakim MTQ XXIII tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 1444 H / 2023 M resmi dilantik oleh Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan menjelang pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu.
Pelantikan terhadap puluhan Majelis Hakim, Dewan Hakim dan Pembantu Dewan Hakim ini dipusatkan di Masjid Islamic Center, Pasir Pengaraian, Kamis (23/02) siang.
Turut hadir dalam prosesi pelantikan, Sekretaris Daerah Setdakab Rohul, Muhammad Zaki S.STP M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Rohul, H Syofwan S.Sos, Camat Rambah, KUA se Kabupaten Rokan Hulu.
Pelantikan terhadap puluhan Majelis Hakim, Dewan Hakim dan Pembantu Dewan Hakim sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Rokan Hulu Nomor : Kpts.100.3.3.2/SETDA-KESRA/112/2023 tentang penunjukan dewan hakim, Majelis Hakim Provinsi, Majelis Hakim Kabupaten dan Pembantu Majelis Hakim Musabaqah Tilawatil Quran XXIII Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023.
Dalam kata sambutan Wabup, H Indra Gunawan mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ XXIII tingkat Kabupaten Rokan Hulu merupakan wujud keinginan kita semua untuk senantiasa membumikan Al-Qur’an dan menegakan syiar Islam di Kabupaten Rokan Hulu, Negeri Seribu Suluk.
“Sebagai Kabupaten yang dikenal religius dan memiliki penduduk mayoritas muslim, maka menjadi keniscayaan jika ajaran universal dalam al-qur’an dilestarikan untuk membangun Kabupaten Rokan Hulu yang lebih maju,” jelas Wabup.
“Berkenaan dengan hal tersebut, tentu sangat diperlukan peran serta para dewan hakim, majelis hakim dan pembantu dewan hakim dalam pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu ini,” tambah Wabup.
Kepada dewan hakim, majelis hakim dan pembantu dewan hakim yang baru dilantik, Wabup percaya bahwa mereka (red) adalah orang-orang yang terpilih dan mampu memberikan penilaian secara objektif.
“Karena sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa berdasarkan hasil Munas LPTQ Nasional tahun 2016 bahwa rekrutmen majelis hakim dilaksanakan melalui mekanisme dan beberapa tahapan prosedur yang telah ditetapkan, dan tahapan terakhir adalah saudara-saudara harus mengikuti tahapan prosesi pelantikan sebagai dewan hakim, majelis hakim dan pembantu dewan hakim,” jelas Wabup.
Kembali kepada dewan hakim, majelis hakim, dan pembantu dewan hakim, Wabup Indra Gunawan turut berpesan agar kiranya senantiasa menjunjung tinggi profesionalisme dan wajib mengedepankan sifat shidiq, amanah, tabligh dan fathonah dalam melaksanakan penilaian kepada peserta MTQ.
“Karena hal ini sangat diperlukan dalam usaha kita bersama untuk meningkatkan kualitas para pemenang MTQ XXIII tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023.karena kami yakin para dewan hakim adalah orang-orang terpilih yang pastinya memiliki kemampuan membaca dan menilai bacaan Al-qur’an para peserta,” kata Wabup lagi.
Diakui Wabup juga, pasca pandemi Covid-19 yang melanda pada beberapa waktu lalu yang mengakibatkan aktivitas masyarakat terbatasi, kedepan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu berkomitmen untuk membumikan kembali Al-Quran ditengah masyarakat Kabupaten Rokan Hulu.
“Kalau dulu itu, kita membatasi masyarakat untuk ke Masjid karena Covid-19, nah kalau sekarang kita justru mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama meramaikan Masjid untuk membacaAl-Quran.
Masih ditempat yang sama, Kabag Kesra Setdakab Rohul, Umzakirman menjelaskan ada sebanyak 64 Majelis Hakim, Dewan Hakim dan Pembantu Dewan Hakim yang dilantik pada waktu itu.
“Untuk cabang perlombaan sendiri, Alhamdulillah tahun ini kita melaksanakan sebanyak 7 Cabang Perlombaan,” jelasnya.