Dukung PAUD HI, Bupati dan Bunda PAUD Rohul Lakukan Kunjungan ke TK Negeri Pembina

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu, H Sukiman bersama Bunda PAUD Kabupaten Rokan Hulu, Hj Peni Herawati Sukiman melakukan kunjungan ke TK Negeri Pembina Rambah Hilir Desa Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir, Rohul, Kamis (27/01) sekira pukul 09.30 WIB.
Kunjungan Bupati bersama Bunda PAUD merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam mengembangkan dunia pendidikan, dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini.
Bersama beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Rohul, Bupati dan Bunda PAUD tampak begitu akrab ketika bermain dan bernyanyi serta mendongeng dengan anak-anak.
Dalam kesempatan yang sama, Bupati dan Bunda PAUD juga tampak memberikan makanan tambahan gizi kepada anak-anak PAUD.
Dalam kata sambutan Bunda PAUD Rohul, Hj Peni Herawati Sukiman mengatakan langkah pertama dalam penguatan PAUD HI ini menyiapkan Bunda PAUD yang kreatif, inovatif, aktif dan kreatif literasi baca tulis dan numerasi agar bisa dipraktekkan kepada anak didik.
“Setelah menyiapkan SDM Bunda dan guru yang terampil, kemudian bagaimana kita mempraktekan PAUD HI sesuai dengan kriteria Pemerintah, seperti memenuhi kebutuhan anak, gizi anak, mendidik anak yang baik, kesehatan anak serta pengasuhan dan hak anak,” jelas Bunda PAUD usai Kunker di TK Negeri Pembina Rambah Hilir, Desa Muara Musu.
lanjut Hj Penista Herawati, Penguatan PAUD HI harus didukung dan bekerjasama terintegrasi dengan beberapa OPD terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kesehatan dalam rangka pemeriksaan gizi anak dan rutin dibawa ke Posyandu.
“Selain itu, Program ini juga harus mendapat dukungan dari orang tua, Tenaga pendidik dan masyarakat, Karena PAUD HI ini dikelola secara utuh, bersama-sama dan terintegrasi, dengan harapan kita bisa mengikuti lomba baik skala Provinsi maupun Nasional,” Sebut Hj Peni.
Masih ditempat yang sama, Bupati Rohul H. Sukiman dalam kata sambutannya mengatakan penguatan PAUD HI merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak.
Lanjutnya, pentingnya pengintegrasian seluruh lembaga dengan PAUD agar tercipta PAUD yang holistik integratif guna membentuk generasi emas bagi anak-anak Rohul yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia, sesuai dengan visi misi dalam peningkatan SDM yang berkualitas.
“PAUD HI ini menjadi salah satu program utama Bupati dan Wakil Bupati Rohul sesuai dengan visi misi agar terciptanya generasi emas anak-anak Rohul yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia,” katanya.
Dihadapan hadirin waktu itu, Bupati Sukiman mengaku sangat mendukung  PAUD HI, dimana Pemda telah menyiapkan tenaga pendidik yang profesional dengan memberikan workshop dan Penataran dari Pusat untuk Kreasi dan Numerasi pada beberapa hari yang lalu.
“Tentunya kita juga membantu kesejahteraan para guru, kesejahteraan untuk menambah motivasi. Untuk itu perlu dukungan semua pihak, baik dari orang tua, tenaga pendidik, Camat Kades serta Pemda menguatkan generasi emas,” Pungkasnya.