Dukung Pendidikan, Ketua TP PKK Rohul Hadiri Pengukuhan Bunda Literasi Riau

PEKANBARU – Sebagai tokoh Kabupaten Rokan Hulu yang peduli terhadap dunia pendidikan, Ketua TP PKK Rohul, Hj Peni Herawati turut menghadiri pengukuhan Bunda Literasi Provinsi Riau, Rabu (16/11) di Grand Hotel Central Pekanbaru.

Selain pengukuhan Bunda Literasi Provinsi Riau, kegiatan juga dilanjutkan dengan Workshop yang mengangkat tema “Literasi Meningkatkan Sumber Daya Menguat untuk Riau Bersatu”.

Dalam pengukuhan kali ini, Ketua TP PKK Riau, Hj Misnarni Syamsuar diresmikan sebagai Bunda Literasi atau Bunda Baca Provinsi Riau tahun 2022-2024 oleh Wakil gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution.

Wakil gubernur Riau Edy Natar Nasution dalam kata sambutannya mengatakan, pemerintah berkewajiban untuk menggalakkan promosi gemar membaca dan memanfaatkan perpustakaan untuk meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca yang mulai dari keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat sesuai dengan amanat UU no. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.

Untuk meningkatkan hal tersebut, lanjut Edy, maka pemerintah Provinsi mengukuhkan bunda literasi dengan harapan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan literasi masyarakat tidak hanya kegiatan baca tulis namun bisa lebih mengembangkan ilmu pengetahuan kedalam karya-karya yang bernilai ekonomi.

“Terlaksananya acara ini adalah Sebuah langkah awal membangun sinergitas seluruh elemen dalam rangka menumbuh kembangkan literasi dari tingkat kabupaten hingga desa di provinsi Riau” tambahnya.

Oleh karena itu Wagubri berharap para orang tua dapat memahami penting nya minat baca sedari dini dan dilingkungan masyarakat bisa memiliki taman bacaan yang dapat menarik minat baca anak.

Sementara itu, Kepala Dispersip Riau Mimi Yuliani Nazir menyampaikan agar Dimasing masing kab/kota dapat melakukan pengukuhan bunda literasi.

“Karena dengan dilakukannya pengukuhan dan kehadiran bunda literasi dapat menjadi motivator, inisiator dalam meningkatkan indeks literasi gemar membaca / melek literasi Riau yang saat ini berada di 55,03 persen atau masuk dalam katagori sedang” jelasnya.

Mimi berharap adanya koordinasi dengan instansi terkait untuk meningkatkan gemar membaca di masyarakat Sehingga terwujudnya generasi Riau yang unggul, kreatif dan inovatif menuju Riau Bersatu.

“Peran bunda literasi atau bunda baca ini sangatlah penting untuk mengajak masyarakat untuk melek literasi agar kedepannya dapat menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas,” tutupnya.

Tidak hanya dihadiri oleh Ketua TPP PKK Rohul yang juga sebagai Bunda Literasi Rohul, Hj Peni Herawati, kegiatan pengukuhan ini juga dihadiri oleh ketua TP PKK I Riau Suti Mulyati Edy, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Rokan Hulu, Ketua TP PKK se provinsi Riau, ketua dewan perpustakaan Riau, Ikatan wartawan Riau, Ketua Forum taman baca masyarakat Provinsi Riau, Ketua organisasi perpustakaan Riau dan pegiat literasi provinsi Riau.