Mahasiswa KKN Univrab Berperan Dalam Kegiatan Keagamaan

BANGKINANG – Dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswa Universitas Abdurrab melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan di Desa Bulu Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.
KKN kali ini bertema RAB (Religious, Adaptive, dan Building), Dimana untuk program Religious mengarah kepada program keagamaan.
Dalam tema keagamaan, Mahasiswa KKN Universitas Abdurrab kelompok 20 melaksanakan beberapa Program Musholla Cerdas, seperti mengajar mengaji, pembuatan poster keagamaan dan kegiatan lain yang berbau keislaman.

Pada program Musholla Cerdas juga, Mahasiswa  Kelompok 20 KKN Universitas Abdurrab juga turut serta dalam melaksanakan pengajian peringatan 1 Muharam 1444 H bersama Ustad Zacky Mirza Serta menghidupkan Kembali kegiatan musholla dengan melaksanakan kegiatan mengajar mengaji, wirid dengan masyarakat serta penyerahan bantuan meja mengaji bagi anak anak.
Dalam penuturan ketua kelompok 20 KKN, Radi Syafirman mengatakan bahwa musholah di Desa Buluh Cina sangat memprihatinkan, dimana masih kurangnya tenaga pengajar mengaji, sehingga mahasiswa KKN Univrab berinisiatif untuk ikut andil dalam mengajar mengaji.
“Selain mengajar ngaji, kami juga memberikan pengajaran tambahan seperti azan, cara jadi imam sholat serta memberi hapalan rukun sholat dan tata cara sholat subuh,” kata Radi.

Sementara itu, warga setempat yang juga guru mengaji Musholla Al Aqso, Atik mengaku sangat terbantu dengan keberadaan mahasiswa KKN Universitas Abdurrab di Desa mereka.
“Saya kadang kewalahan dalam mengajar ngaji sendirian sedangkan murid yang diajar cukup banyak,” akui Atik.
Masih dalam program KKN, Mahasiswa Universitas Abdurrab juga melaksanakan kegiatan 17 Agustus, seperti penyerahan tong sampah dan peresmian kampung Pancasila serta program kesehatan yang salah satunya pemeriksaan Kesehatan gratis.