Kukerta UNRI Balik Kampung Desa Koto Tinggi Dukung Program Kotaku

PASIRPENGARAIAN – Pada kunjungan ke kantor Desa, Kepala Desa Koto Tinggi memperkenalkan Mahasiswa Kukerta Balik Kampung Universitas Riau (UNRI) kepada para Kepala Dusun Desa Koto Tinggi, Rabu (26/08/2020).

Setelah berkenalan, kegiatan dilanjutkan dengan  sosialisasi program KOTAKU oleh Kepala Desa. Program KOTAKU merupakan program perbaikan Dusun di Desa Koto Tinggi. Dalam sosialisasinya Kepala Desa menjelaskan cara pengisian format Pendataan Rumah Tangga hingga pembagian tugas.

Tim Kukerta Balik Kampung Desa Koto Tinggi ikut membantu dalam Pendataan Rumah Tangga didampingi oleh RT masing-masing dusun, juga membantu menginput data yang diperoleh. Data yang diperoleh dalam Pendataan Rumah Tangga ini nantinya juga dapat membantu program kerja Kukerta Balik Kampung yaitu penyusunan profil Desa.

Siangnya, Mahasiswa Kukerta Balik Kampung UNRI Desa Koto Tinggi turun ke jalan, mulai mendata rumah tangga yang berada di dusun Lubuk Bandung Hulu di dampingi oleh Kepala Dusun dan RT setempat. Tim Kukerta dibagi menjadi dua tim, yang pertama mendata RT 001/RW 002, yang lainnya RT 002/RW 002, dilakukan perorangan ke setiap rumah. Tentu, pendataan dilakukan dengan berjalan kaki supaya sehat.

Tomi Ahmad Badawi selaku ketua tim KKN mengatakan kegiatan tersebut berlangsung 1 Minggu.

“Kegiatan ini berlangsung selama 1 minggu dengan proses pengisian Pendataan Rumah Tangga format A dari Dusun Lubuk Bandung Hulu, Dusun Pasir Kota Baru, Dusun Pasr Senin, dan Dusun Lubuk Bandung Hilir. Setelah memperoleh data tersebut, Mahasiswa Kukerta melakukan penginputan data dari format A pengisian Pendataan Rumah Tangga”,ucap Tomi

Ditambahkan Tomi, “Lalu format B pengisian Pendataan Sampel Rumah Tangga yang telah diisi sebelumnya, dilakukan pendeteksian titik koordinat pada sampel tersebut. Dengan bekerjasamanya Mahasiswa Kukerta dengan tiap Kepala Dusun dan Ketua RT/RW, memudahkan Pendataan jauh lebih efisien daripada cuma membagikan selembaran kusioner tersebut”,tutur Tomi.

Hingga saat ini, Mahasiswa Kukerta selalu mengambil andil dalam pendataan ini apabila Kepala Dusun atau Ketua RT/RW membutuhkan tenaga dari Mahasiswa Kukerta, sehingga pendataan dapat selesai secepatnya.

MSI