Tabur 10 Ribu Benih Ikan Emas, Desa RTU Miliki Cekdam Perikanan

PASIRPENGARAIAN – Hari ini, Senin (14/09/2020) Bupati Kabupaten Rokan Hulu, H Sukiman  diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul) H.Abdul Haris, M.Si, tabur 10 ribu ekor benih Ikan mas ke kolam cekdam perikanan Desa Rambah Tengah Utara (RTU) Kecamatan Rambah.
Dalam penuturan Sekda Rohul, H Abdul Haris menyambut baik dijadikannya kolam Cekdam untuk pengembangan perikanan yang nantinya akan dijadikan tempat wisata masyarakat, baik dari dalam maupun luar daerah.
“Selain menabur benih ikan mas, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antara Pemkab dengan masyarakat  Rambah Tengah Utara,” jelas Sekda.
Diakui Sekda Rohul, benih ikan mas tersebut merupakan  bantuan dari Pemerintah Kabupaten Rohul dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang perikanan.
“Lokasi Cekdam cukup jauh dari pemukiman masyarakat, namun dengan banyaknya sosialisasi baik melalui media sosial maupun media masa, maka masyarakat ramai akan mengetahui tempat tersebut,” kata Sekda.
Lanjut Sekda Rohul, Abdul Haris menghimbau ke seluruh pemuda juga masyarakat, agar memperindah lokasi cekdam sehingga dapat menarik minat masyarakat berkunjung ke lokasi itu.
Ditempat yang sama, Tokoh Masyarakat Desa RTU Yasmin mengatakan, lokasi perikanan sekaligus sebagai objek wisata itu diberi nama Cekdam perikanan Desa RTU.
“Penebaran benih ikan dan penghijauan di Cekdam ini memanfaatkan lahan desa yang sudah ada sejak tahun 1982,” jelasnya.
Sedangkan Direktur Utama (Dirut) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Rokan Hulu (Rohul), Anggi Firmansyah ST yang turut melakukan penaburan mengatakan, kelompok tani ini nantinya akan mendapat berbagai bantuan dari pemerintah daerah, tentu saja dalam berupa uang yang dapat disimpan di BPR Rokan Hulu.
“Jika nanti kompok tani ini sudah berhasil panen atau juga cekdam ini menjadi tempat wisata, tentunya ada profit disini, kita berharap nantinya ditempatkan di BPR, terkait pendanaan, nanti kita bisa biayai usaha ini,” tuturnya.
Dalam penutup wawancara, Anggi Firmansyah berharap BPR Rohul selalu diikutsertakan dalam agenda seperti ini, agar dapat membantu perkembangan perekonomian masyarakat  Rokan Hulu.