Bermain Sampan Membawa Petaka

PASIRPENGARAIAN – Setelah diinfokan tenggelam dan menghilang sejak Senin (07/12/2020) pada pukul 23.00 WIB kemaren, akhirnya 2 korban tenggelam di Objek Wisata Danau Ombak Dua di Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.
Diketahui, dua pria bernama Hendri Purwanto (27) dan Rian (23) tengah bermain sampan kayu bersama kelima rekan kerjanya sebagai buruh bangunan di Danau Ombak Kelurahan Kota Lama.
Naasnya, saat berada ditengah danau ombak, perahu yang ditumpangi Rian bersama rekannya (Sugianto dan Juliangi) terbalik lalu tenggelam ke dasar danau.
Setelah melihat perahu yang ditumpangi Rian tenggelam, perahu yang ditumpangi Rohmat Awaludin dan Rahmat Riadi  (teman korban) datang berniat menolong. Saat korban Rian berusaha naik, perahu berukuran kecil itu justru  ikut terbalik dan ketiganya tenggelam.
Ketika Rohmat dan saksi lima Rahmat mencoba lakukan pertolongan, korban Rian dalam keadaan panik, datang perahu kedua ditumpangi Sumanto dan korban kedua Hendri Purwanto.
Karena tidak sanggup menahan beban, akhirnya perahu kedua juga ikut tenggelam.
Di situasi panik, seluruh pria tersebut berusaha menyelamatkan diri masing-masing dengan cara berenang ke pinggir Danau Ombak dalam keadaan gelap gulita.
Kelima buruh bangunan berhasil berenang ke tepian danau, tapi korban Rian dan korban Hendri Purwanto yang diduga tidak bisa berenang dilaporkan tenggelam.
“Diduga perahu tenggelam akibat kelebihan muatan,” kata Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, melalui Paur Humas Polres Rohul Ipda Totok Nurdianto, Selasa (08/12/2020).
Kemudian, kelima buruh bangunan meminta bantuan ke warga Kota Lama, selanjutnya, melaporkan kejadian ke Polsek Kunto Darussalam.
Kemudian Bhabinkamtibmas bersama warga Kota Lama sempat lakukan pencarian dua korban tenggelam di Danau Ombak hingga Selasa (08/12/2020) pukul 03.00 WIB, namun tidak ditemukan karena situasi kondisi lapangan dalam keadaan gelap dan perlengkapan yang kurang memadai.
“Akibat kondisi gelap dan perlengkapan terbatas proses pencarian kedua korban yang cukup lama tersebut ditunda sampai pagi hari,” sebut Ipda Totok.
Lalu Polsek Kunto Darussalam selanjutnya berkoordinasi dengan BPBD Rohul. Kemudian Selasa pagi (08/12/2020) proses pencarian dilanjutkan dibantu warga setempat.
Setelah seharian dilakukan pencarian, akhirnya korban, Hendri Purwanto dan Rian ditemukan Tim dalam keadaan tidak bernyawa dan segera dilarikan ke Puskesmas Kunto Darussalam  untuk dilakukan Visum.