Tim Gabungan Gunakan Heli Guna Pantau Pencegahan Karlahut

PASIRPENGARAIAN – Dalam upaya pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karlahut) di Negeri Seribu Suluk, TNI POLRI dari Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR, Polsek Bonai Polres Rohul bersama Tim Fom Fire Managemen operasional Sinarmas Sukrisno dan Satgas Satria Kresna Bonai Darussalam melakukan Patroli udara dengan menggunakan helikopter di wilayah Kecamatan Bonai Darussalam.
Jelas Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR, Peltu M. Sitepu mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pencegahan dan antisipasi terjadinya Karhutla di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu.
Diakui Peltu, kegiatan patroli udara kali ini menggunakan heli milik PT BDB Bintala Sinarmas Grup.
“Patroli karlahut kali ini dibagi menjadi dua sif,” kata Peltu M. Sitepu, Kamis (25/02).
Lanjut Peltu M. Sitepu, patroli udara sif pertama dilaksanakan pada, Rabu (24/02) pukul 13.30 WIB dan sif yang kedua dilakukan pada hari yang sama pada pukul 13.45 WIB.
“Adapun sasaran patroli ini dilaksanakan di Kecamatan Bonai Darussalam yang di duga rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut),” katanya.
Seperti yang diketahui, Kecamatan Bonai Darussalam, Rokan Hulh memiliki daratan gambut yang rentan terhadap terjadinya Karlahut, sehingga tim kerap melakukan pemantauan dan antisipasi di Lokasi tersebut.
Tambah Peltu, dari pelaksanaan kegiatan patroli yang laksanakan hari itu, tidak ditemukan adanya titik api atau pun asap.
“Semuanya berjalan aman dan kondusif,” tukasnya.