Tahun Ini Pemkab Rohul Kembali Tidak Menggelar Potang Balimau

PASIRPENGARAIAN – Sama seperti tahun sebelumnya, Ramadhan tahun 1442 H/ 2021M ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kembali tidak melakukan agenda Potang Balimau.
Seperti yang diketahui, Potang Balimau adalah agenda adat istiadat masyarakat Rokan Hulu dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Namun sayangnya agenda tahunan itu kembali tidak dapat dilaksanakan di tahun ini.
Dijelaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu, H Abdul Haris, M.Si, kegiatan Potang Balimau dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan di tahun ini kembali tidak dapat dilaksanakan oleh Pemkab Rohul, hal ini dikarenakan Pandemi Covid-19 yang belum mereda di Negeri Seribu Suluk.
“Untuk kegiatan Potang Balimau di tahun ini kita belum bisa laksanakan, dikarenakan kita masih dalam keadaan Pandemi Covid-19,”jelas Sekda, Minggu (11/04).
Diakui Sekda, saat ini Pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman bagi masyarakat Rokan Hulu secara khusus, sehingga Potang Balimau belum bisa dilaksanakan.
“Apalagi saat ini belum seluruh masyarakat kita yang mendapat kesempatan untuk disuntik vaksin,” tambahnya.
Dalam wawancara, Sekda juga berharap kepada masyarakat Rokan Hulu untuk mengerti dan tidak menggelar Potang Balimau.
“Sehingga kita berharap kepada masyarakat untuk menahan diri dan bersabar untuk tidak menggelar kegiatan-kegiatan serupa agar tidak terjadinya peluang penyebaran Covid-19,” tukas Sekda.
Sekda mengakui kerinduan dengan pelaksanaan Potang Balimau, mengingat tradisi tersebut telah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Rokan Hulu.
“Secara pribadi tentunya kita semua merindukan kegiatan Potang Balimau, mengingat agenda tersebut telah kita laksanakan sejak dari kecil dan selalu dilaksanakan di setiap tahunnya, namun dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19, maka kita harus mentiadakannya di tahun ini,” tutup Sekda.