Pekan Depan Siswa Kelas VI SD dan IX SMP Sudah Mulai Laksanakan Ujian Semester

PASIRPENGARAIAN – pada rentang waktu  11 sampai 23 April 2022 mendatang anak kelas VI pada tingkat SD dan Jelas IX pada tingkat SMP Se Kabupaten Rokan Hulu akan melaksanakan Ujian Semester untuk semua mata pelajaran atau tema.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Margono S.SOS M.Si diwakili Plt Kabid SMP Desi Marisa, S.Pd M.Si, Rabu (06/04).
Dijelaskan Plt Kabid SMP, Desi bahwa sebelumnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu telah melayangkan surat edaran kepada seluruh Instansi pendidikan sekabupaten Rokan Hulu dengan nomor surat : 420/DISDIKPORA-Set/1098/2022 tentang Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas dan Kegiatan Sekitar Bulan Ramadhan jenjang PAUD, SD dan SMP Tahun Pelajaran 2021/2022.
“Sesuai dengan surat edaran tersebut, ditetapkan pelaksanaan Ujian Semester Jelas VI dan IX dilaksanakan pada rentang waktu 11 sampai 23 April 2022,” jelasnya.
Sedangkan tambah  Desi, untuk Ujian sekolah bagi Kelas VI dan IX dilaksanakan pada rentang waktu 12 sampai 25 Mei 2022 untuk semua mata pelajaran atau tema.
Disampaikan Plt Kabid SMP, Desi kembali, mengacu pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2021, dimana Ujian Nasional ditiadakan, maka penilaian kelulusan diganti menjadi beberapa aspek.
“Yang pertama itu Portofolio, yakni berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, yang kedua penugasan, tes secara luring atau daring maupun bentuk kegiatan penilaian yang ditetapkan oleh Satuan pendidikan,”Jelas Desi.
Mengingat Ujian Semester dan Sekolah bagi pelajar kelas VI dan IX diadakan ditengah pandemi Covid-19, diakui Plt Kabid SMP, Desi bahwa pelaksanaan Ujian akan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan yang sangat ketat.
“Pelaksanaan Ujian nya dilaksanakan di sekolah dengan sistem shift yang nantinya dilaksanakan pada hari yang berbeda dalam rentang pelaksanaan ujian,” jelasnya.
“Pengaturan shiftnya sendiri berdasarkan siswa yang sudah divaksin dengan yang belum divaksin,” pungkasnya.