Ketua PGSI Rohul Nilai Musorkab KONI Rokan Hulu Cacat Hukum

PASIRPENGARAIAN – Ketua Cabang Olahraga PGSI Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menentang keras pelaksanaan Musyawarah Kabupaten (Musorkab) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2022.
Hal ini dikarenakan, menurut Ketua PGSI Rohul, Ade Irwan Hudayana, Kamis (22/12) bahwa pelaksanaan Musorkab KONI Rohul dinilai tidak mengikuti  atau melanggar Anggaran Dasar KONI sekaligus terdapat banyak kekurangan dalam pelaksaannya.
“Sebelumnya kita telah menyurati Panitia Pelaksana Musorkab KONI Kabupaten Rokan Hulu dengan nomor surat : 03/PGSI-RH/XII/2022 tertanggal 15 Desember 2022 ,Perihal pembatalan Pelaksanaan Musorkab KONI Rohul tahun 2022, namun nyatanya tidak diindahkan oleh Plt Ketua,” sebutnya.
Dijelaskan Ade, adapun salah satu yang membuat Musorkab KONI Rohul terbilang melanggar Anggaran Dasar KONI, yakni tidak hadirnya KONI Provinsi Riau dalam pelaksanaan Musorkab Rohul, sesuai dengan Surat dari Komite Olahraga Nasional Provinsi Riau dengan Nomor.477/KONI-RIAU/XII/2022.
“Ada aturan yang dilanggar yakni aturan Anggaran Dasar KONI Pasal 27 angka 2. Yang berbunyi “Musorkab/Musorkot dihadiri oleh Utusan pengurus KONI Provinsi sebagai nara sumber, sedangkan pihak KONI Provinsi Riau tidak hadir,” jelasnya.
Ditambahkan Ade lagi, tentang Pertanggungjawaban Keuangan Yang termuat dalam Anggaran Dasar KONI Pasal 42 poin 3 yang berbunyi “Pengurus KONI Kabupaten/Kota menyampaikan laporan keuangan tahunan pada Rapat Kerja Kabupaten/Kota KONI dan pertanggungjawaban Keuangan pada Musorkab/Musorkot, setelah dilakukan audit oleh akuntan publik, namun hal tersebut tidak dilakukan oleh pengurus KONI Rohul.
Diakhir pembicaraannya Ketua PGSI Kabupaten Rokan hulu Ade Irwan  Hudayana menyampaikan ,Bahwa ini semua adalah Hak dan Kewajiban anggota untuk menyangkal karena sudah diatur dalam Pasal 10 poin ke (1). yang berbunyi Hak Anggota dapat mengikuti kegiatan KONI dan berkewajiban melaksanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KONI, Peraturan Organisasi dan keputusan yang ditetapkan oleh KONI.
Sementara itu, dari hasil Musorkab KONI Rohul yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (22/12), Hery Islami ditetapkan sebagai Ketua KONI Rohul terpilih masa bakti 2023-2027.
Dalam kegiatan Musorkab yang dihadiri oleh 25 Pengcab olahraga se Rokan Hulu itu, sepakat mengusung Hery Islami sebagai calon tunggal untuk KONI Rohul dalam 4 tahun kedepan.