Wagubri dan Sekda Rohul Saksikan Ekspose Hasil Penelitian Dosen UPP

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu, H Sukiman diwakili Sekretaris Daerah Rokan hulu Muhammad Zaki,S.STP,M.Si turut mendampingi Wakil Gubernur Riau, Birgjen TNI (Purn) H.Edy Natar NST, S.IP dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) ke Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Selasa (10/01).
Adapun tujuan Kunjungan Kerja Wagubri ke satu-satunya Universitas terbesar se Kabupaten Rokan Hulu tersebut guna menyaksikan Ekspose Hasil Penelitian Dosen Universitas Pasir Pengaraian (UPP), di Aula UPP, Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Rohul.
Turut hadir Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar,M.Si, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Agung Nugroho, Sekretaris Kominfo Rohul, Camat Rambah Hilir, Kapolsek Rambah Hilir, Rektor UPP Dr. Hardianto, S.Pd,M.Pd, Wakil Rektor serta Para Dosen UPP lainnya.
Dalam kata sambutannya, Wagubri Brigjen TNI (Purn) H.Edy Natar NST, S.IP menjelaskan terkait hasil penelitian yang sangat menarik dan bermanfaat bagu pembangunan daerah, dimana dibutuhkan pendalaman yang lebih terhadap penelitian tersebut.
Mengingat saat ini memasuki tahun politik, orang nomor dua di Provinsi Riau itu juga berpesan agar penelitian dosen UPP juga dikembangkan terkait tingkat Money Politik yang akan terjadi di Kabupaten Rokan Hulu, hal ini mengingat menurut hasil survey yang dilakukan, Kabupaten Rokan Hulu dan Rokan Hilir merupakan Kabupaten dengan tingkat Money Politik tertinggi.
“Saya meminta dilakukan Survey angka Money Politik dan dari hasil survei tersebut saya merasa kaget dimana Daerah saya termasuk angka tertinggi angka Money Politik nya, kenapa bisa begitu tentu hal inilah yang perlunya di lakukan penelitiannya, apa masalahnya kok money politik begitu tinggi ditengah masyarakat,” ujar Wagubri.
Selain daripada itu, Wagubri juga berharap hasil penelitian oleh Dosen UPP tersebut dapat dilakukan kolaborasi dengan yang bisa mengeksekusinya seperti Pemerintah Kabupaten, Provinsi ataupun Perusahaan.
“Sehingga hasilnya benar-benar dapat dirasakan langsung,” pungkas Wagubri.
Sementara itu, Rektor UPP, Dr.Hardianto,S.Pd,M.Pd menjelaskan bahwa UPP akan berupaya menjadi Kampus Teknopreneur yang mana mahasiswa tidak hanya dibekali ilmu namun juga keahlian yang merupakan salah satu modal untuk menghadapi apa yang kita namakan dengan bonus demografi di 2040 yang akan datang.
Diakuinya bahwa kegiatan ekspose hasil penelitian dosen UPP hari itu berguna dalam memberikan sumbangan pemikiran dari penelitian-penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para dosen, guna meningkatkan pembangunan daerah kita.
“Hasil penelitian ini sangat bermanfaat dan berguna bagi visi dan misi Kepala Daerah Rokan Hulu sebab dari hasil penelitian ini sangat searah dengan visi dan misi tersebut,” ungkap Hardianto.
Dalam kegiatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan MoU dengan beberapa Perusahaan yang disaksikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Riau dan Bupati Rokan Hulu diwakili oleh Sekretaris Daerah Rokan Hulu.