Februari Ini Pemkab Rohul Jadwalkan Pelaksanaan MTQ Ke-23 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu

PASIREPENGARAIAN – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) rencanakan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Rokan Hulu pada 23 hingga 27 Februari 2023.
Hal ini sesuai hasil rapat awal persiapan MTQ ke 23 tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang dilaksanakan pada Selasa (17/01) di Ruang Rapat Kantor Bupati Lantai III, Komplek Pemda Pasir Pengaraian.
Kegiatan rapat dipimpin langsung oleh Asisten I Setdakab Rohul, Fhatanalia Putra serta turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu, M Zaki, Kakan Kemenag Rohul, Zulkifli Syarief, Kapolres Rohul diwakili Kapolsek Rambah, Iptu Syafaruddin, Kabag Kesra Setdakab Rohul, Umzakirman, Camat dan KUA se Kabupaten Rokan Hulu lainnya.
Diakui Sekda Rohul, M Zaki saat dikonfirmasi mengatakan, walaupun tanggal dan waktu pelaksanaan MTQ ke-23 tingkat Kabupaten Rokan Hulu telah ditetapkan, namun masih menunggu persetujuan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman.
“Pelaksanaan MTQ kali ini masih menyesuaikan dengan jadwal Bupati, mengingat pada tanggal 23 ada Hari Besar Islam (HBI) yakni Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, jadi kami mendiskusikan hal ini dengan Bupati, apakah Isra’ Mi’raj nya digabung dengan pelaksanaan MTQ atau bisa saja terpisah,” jelas Sekda.
Lanjut Sekda lagi, pasca ditetapkan tidak adanya PPKM oleh Pemerintah pusat Republik Indonesia, kedepan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu berkomitmen akan terus melaksanakan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu pada setiap tahunnya.
“Pada tiga tahun terakhir kita tidak melaksanakan MTQ, hal tersebut dikarenakan kondisi Covid-19, kalaupun ada itu hanya penyeleksian atau penjaringan untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau,” tambah Sekda.
Mengingat belum adanya pernyataan resmi dari Pemerintah pusat terkait telah hilangnya pandemi Covid-19, dijelaskan mantan Kepala BAPPEDA Rohul itu, bahwa pelaksanaan MTQ ke-23 tingkat Kabupaten Rokan Hulu akan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.
“Masih tetap dengan menerapkan protokol kesehatan, namun berbeda lagi untuk di luar lapangan, tidak perlu menggunakan masker,” tambahnya.
Masih ditempat yang sama, Kakan Kemenag Rohul, Zulkifli Syarief mengaku akan memperlombakan seluruh cabang perlombaan dalam pelaksanaan MTQ ke-23 tingkat Kabupaten Rokan Hulu.
“Ada perlombaan Tilawah atau Qira’at Sab’ah, Tahfidz, Fahmil, Syarhil, Seni Kaligrafi Al Qur’an dan sebagainya, untuk setiap perlombaan juga ada masing-maisng kategorinya, baik untuk anak-anak, remaja maupun dewasa,” jelas Zulkifli.