Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional, Danramil 02 Rambah Singgung Pendaftaran Komcad

PASIRPENGARAIAN – Peringatan Hari Kesadaran Nasional turut dirayakan oleh masyarakat Kabupaten yang dijuluki sebagai Negeri Seribu Suluk khususnya di wilayah Kecamatan Rambah, Rokan Hulu. Peringatan kali ini dibuktikan dengan kegiatan Upacara yang diikuti oleh Pemerintah Kecamatan Rambah.
Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (17/01) di halaman kantor Camat Rambah Keluruhan Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Riau tersebut dipimpin secara langsung Danramil 02 Rambah, Kodim 0313/KPR Lettu Dedi A.Md.
Turut mengikuti upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional Camat Rambah Zulfan Alwi, Kapolsek Rambah AKP Syafaruddin, SH dan dihadiri sejumlah Kepala Sekolah, Kepala Desa serta Kepala UPTD se Kecamatan Rambah dan dinas terkait mengikuti rangkaian upacara.
Dalam amanatnya, Lettu Dedi mengatakan bahwa pada saat sekarang ini Kementrian Pertahanan membuka pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) yang merupakan salah satu program Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang dapat diikuti masyarakat sipil dalam rangka memperkuat keamanan dan pertahanan negara.
“Masyarakat yang ingin bergabung dalam program ini akan diberikan pembekalan tentang bagaimana cara menjaga keamanan negara,” kata Lettu Dedi.
“Dengan demikian, Komcad dapat menjadi amunisi cadangan apabila suatu saat negara menghadapi ancaman ketahanan dan keamanan,” tambahnya.
Seperti diketahui, program tersebut telah dijalankan sejumlah negara selama ini, seperti yang dilakukan Singapura dan Korea Selatan melalui wajib militer.
Namun, berbeda dengan wajib militer yang diwajibkan ketika mencapai usia tertentu, Komcad dapat diikuti oleh seluruh masyarakat umur 18 hingga 35 Tahun secara sukarela dan tanpa paksaan.
“Namun, perlu digarisbawahi bahwa kepesertaan Komcad tidak akan mengubah status masyarakat sebagai warga negara sipil,” ungkap Lettu Dedi.
Dapat diketahui, pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui laman Komcad, yakni https://komcad.kemhan.go.id mulai tanggal 2 Januari hingga 14 april mendatang.