Sapa Masyarakat di Desa Sei Kuning, Wabup Rohul Buka Sosialisasi Kekerasan Terhadap Anak dan Tanam Jagung Bersama

PASIRPENGARAIAN – Pada tahun 2023 ini Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan kembali menyapa masyarakat dalam program Senam Sehat bersama. Minggu ini Wabup melakukan Senam bersama masyarakat di Desa Sei Kuning, Kecamatan Rambah Samo, Rohul.
Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (19/01) itu turut dihadiri oleh oleh Asisten dan staf ahli di Lingkungan Pemkab Rohul, Kepala Desa Sei Kuning, Abdul Halik dan tokoh masyarakat setempat.
Seperti biasa, Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan memaparkan terkait pentingnya menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga secara rutin dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.
“Kegiatan ini juga dapat menjaga hubungan silaturrahmi diantara kita, sehingga masyarakat nantinya juga dapat berdialog maupun berdiskusi terkait perkembangan di daerahnya masing-masing,” kata Wabup.
Selain melaksanakan senam bersama, Wabup yang saat itu mengenakan baju olahraga berwarna merah, hitam juga membuka secara resmi kegiatan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Desa Sei Kuning.
“Kita juga mengucapkan apresiasi kepada Kapolres Rokan Hulu dan Dinas Sosial P3A yang secara rutin melakukan sosialisasi terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ini,” ungkap Wabup.
“Alhamdulillah sejauh ini kita telah melakan sosialisasi terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak di tiga Kecamatan dan tentunya akan berlanjut di Kecamatan-Kecamatan yang lain,” tambah Wabup.
Ketika ditanya terkait faktor terjadinya Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Wabup mengaku hal ini diakibatkan faktor Teknlogi yang semakin berkembang namun masyarakat itu sendiri tidak dapat mengendalikannya, sehingga dibutuhkan pengontrolan yang intensif dari orang tua maupun saudara.
“Oleh karena itu saya mengajak kepada semua, mari kita sama-sama mengontrol anak-anak kita, sehingga tidak ada lagi kasus kekerasan terhadao anak yang ada di Kabupaten Rokan Hulu yang kita cintai ini,” sebut Wabup.
Masih di kegiatan yang sama, pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu juga melakukan penanaman jagung di lahan seluas 10 hektar bersama tokoh Pemerintah Kabupaten maupun Desa Sei Kuning.
“Disini saya juga mengajak kepada masyarakat untuk penanaman jangan difokuskan ke tanaman sawit saja, melainkan juga menanam padi, jagung, kentang dan lainnya sebagai bahan pokok makanan kita,” pungkas Wabup.
Dalam pantauan awak media, Wabup juga menyapa masyarakat dan sesekali bermain dengan anak-anak yang ada di Desa Sei Kuning.
Sementara itu, Kepala Desa Sei Kuning Abdul Halik mengaku target dari penanaman 10 hektar jagung adalah untuk meretas kemiskinan yang ada di Desa Sei Kuning.
“Rencananya di tahun 2023 ini, kita juga akan melakukan penanaman di lahan lain diluar dari 10 hektar ini, oleh karena itu, mari kita sama-sama berdoa untuk dapat menggalakkan tanaman ketahanan pangan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.