435 PPS Se Rohul Resmi Dilantik, Ini Pesan Wabup

PASIRPENGARAIAN – Sebanyak 435 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) resmi dilantik oleh Ketua KPU Rokan Hulu, Elfendri,ST,M.eng, Selasa (24/01).
Kegiatan pelantikan yang dipusatkan di Taman Kota, Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu tersebut Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra, ST,M.Si, Kapolres Rokan Hulu AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Kajari Rohul Fajar Haryowimbuko, SH,MH, Kepala Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian, Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian, Danramil Rambah serta Komisioner Bawaslu Rokan Hulu.
Selain itu, turut hadir Anggota KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto, Kepala Dinas Kominfo Rohul H.Sofwan,S.Sos, PLT Kadis DPMPD Prasetyo, Camat Se Rokan Hulu, Anggota PPK Kecamatan Se Rokan Hulu dan Seluruh PPS yang dilantik se Rokan Hulu.
Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan yang menyaksikan secara langsung prosesi pelantikan dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sangat mendukung penuh setiap tahapan pemilu yang akan dilaksanakan di Negeri Seribu Suluk.
“Kami mengucapkan selamat kepada anggota PPS terpilih yang dilantik pada hari ini dan perlu diingat bahwa  terhitung sejak dilantik, anggota PPS ini sudah memiliki tanggung jawab sebagai pelaksana pemilu 2024. Untuk itu  dalam menjalankan tugas, PPS harus Independen, anggota PPS tidak boleh menjadi tim sukses bagi salah satu calon pada pemilu nanti,” kata Wabup.
Selain daripada itu, pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu juga menjelaskan bahwa  kualitas pemilu sangat ditentukan dari kinerja anggota PPS, untuk itu diharapkan Ketua dan anggota PPS bekerja secara profesional, cermat, adil dan netral.
“Kita juga berharap kepada ketua dan anggota PPS di untuk dapat bersosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya hadir ke TPS guna menentukan pilihannya demi menjadikan Kabupaten Rokan Hulu yang lebih bangkit,” tambah Wabup.
Wabup juga mengharapkan setiap PPS yang ada di tiap tiap TPS untuk bekerja semaksimal mungkin demi suksesnya  pemilu 2024.
“Kepada tiap PPS yang ada di TPS masing-masing untuk bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, karena dalam pemilihan ini sebagai wujud peduli kita terhadap daerah Rokan Hulu yang sangat kita cintai  ini,” imbuhnya lagi.
Sementara itu, Ketua KPU Rokan Hulu Elfendri,ST,M.eng mengaku bahwa PPS yang telah dilantik akan melakukan tugasnya sesuai tahapan yang telah ditentukan.
“PPS yang harus sudah terbentuk paling lambat 31 Januari 2023 ini, selanjutnya pada tanggal 26 ini sudah dibebankan membentuk Pantarlih yang akan bertugas untuk pendataan pemilih serta PPS juga akan melakukan pemetaan TPS dimana jumlah Pantarlih yang akan dibentuk sesuai dengan TPS yang telah dipetakan,” katanya.
Elfendri juga menegaskan bahwa setiap PPS yang dilantik hari ini sudah diyakini tidak terlibat dan tidak pernah termasuk dalam kontrak politik seperti menjadi Tim sukses dan sebagainya.
Sebagai informasi, 435 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilantik pada waktu itu merupakan perwakilan dari 145 Desa yang ada di Rokan Hulu.