MTQ Tingkat Kabupaten Rohul Dicanangkan Lepas Pemilu

PASIRPENGARAIAN – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) canangkan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Rokan Hulu pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
Hal ini disampaikan Kakan Kemenag Kabupaten Rokan Hulu, Zulkifli Syarif pasca mengikuti rapat persiapan penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (16/01) di Lantai III Kantor Bupati Rokan Hulu, Komplek Pemda Pasir Pengaraian.
Rapat dipimpin langsung oleh Asisten I Setdakab Rohul, Fhatanalia Putra serta dihadiri oleh Kesbangpol, perwakilan Polres Rohul, Camat, KUA se Kabupaten Rokan Hulu lainnya.
Diakui Kakan Zulkifli, sesuai hasil rapat perdana bersama unsur Pemerintahan, penyelenggara MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu direncanakan akan dilaksanakan pada 19 Februari hingga 24 Februari 2024.
“Ini adalah rapat perdana kita, yang mana rapat ini masih membahas terkait penetapan tanggal pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu,” jelas Zulkifli.
Penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang rencana akan dilaksanakan di pusat Ibukota Pasir Pengaraian tersebut diakui Kakan Zulkifli akan memperlombakan seluruh cabang perlombaan seperti layaknya pada MTQ tingkat Provinsi Riau.
“Kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu ini rencananya dilaksanakan di Lapangan Pematang Baih, Pasir Pengaraian, dan saat pembukaan nantinya, kita juga akan menyelenggarakan Pawai Ta’aruf yang nantinya akan diikuti oleh masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu,” terangnya.
Pada tahap awal ini, Zulkifli mengatakan pada persiapan menjelang pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu, Pemerintah terlebih dahulu akan membentuk tim pelaksana, membentuk tim seleksi penerimaan kafilah serta menentukan lokasi pelaksanaan masing-maisng lomba.
“Tadi kita juga menghimbau kepada seluruh Camat dan KUA untuk segera menyelenggarakan MTQ tingkat Kecamatan, dimana dari hasil MTQ tersebut, nantinya ditentukan siapa yang akan mewakili atau menjadi perwakilan lomba dari masing-masing Kecamatan, jadi Kafilah utusan Kecamatan pada MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu ini nantinya bukan sekedar pilih, namun mereka yang memang benar-benar mampu dan menang dalam pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan,” jelas Zulkifli panjang lebar.