Bendahara Desa Se Kabupaten Rokan Hulu Ikuti Bimtek Siskeudes Online dan Siswaskeudes

PASIRPENGARAIAN – Setelah sebelumnya sempat dilaunching oleh Bupati Kabupaten Rokan Hulu, H Sukiman pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hulu ke 23 tahun, tepat pada hari ini, Senin (07/11) Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menindaklanjuti Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online dan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) Online dengan memberi Bimbingan Teknis (Bimbtek) kepada seluruh pengurus Desa se Kabupaten Rokan Hulu.
Pembukaan bimbingan teknis
siskeudes online dan siswaskeudes
tahun 2022 ini yang dilaksanakan di Sapadia Hotel Pasir Pengaraian tersebut turut dihadiri juga oleh kepala BPKP perwakilan Riau, Inspektur Inspektorat Rohul, H Helfiskar, SH MH, para staf ahli Bupati, para bendahara DESA, se Kabupaten Rokan Hulu.
Diakui Wabup, launching dan pemberian bimbingan teknis kepada bendahara Desa se Kabupaten Rokan Hulu merupakan bentuk keseriusan ataupun komitmen Pemerintah Daerah dalam meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa khususnya di bidang keuangan.
“Ini merupakan upaya mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang lebih akuntabel sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” jelas Wabup.
Lanjut pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu dalam implementasinya, aplikasi ini diperlukan adanya komitmen bersama baik bendahara selaku operator desa, kepala desa dan para camat untuk berkomitmen dan bertanggung jawab dalam penggunaan aplikasi ini.
“Karena secanggih apapun suatu aplikasi, apabila tidak ditindak lanjuti dengan komitmen tinggi dalam menjalankannya, maka akan berdampak terhambatnya tujuan dari kehadiran aplikasi siskeudes online ini,” jelasnya.
Wabup juga menambahkan, dengan aplikasi Siskeudes online, masyarakat dapat mengetahui anggaran pendapatan maupun pengeluaran Desa, sehingga keuangan Desa lebih transparan dan akuntabel.
“Oleh karena itu, kita berpesan kepada bendahara desa selaku operator desa, setelah peluncuran aplikasi siskeudes online ini, untuk semakin teliti, disiplin dan berhati-hati dalam pengelolaan keuangan,” harap Wabup.
Selain daripada itu, melalui Bimtek Siskeudes dan Siswaskeudes online, Wabup berpesan kepada seluruh peserta bimbingan teknis dapat mengikuti seluruh materi yang diberikan sehingga kedepan pengelolaan keuangan desa menjadi lebih baik.