Bupati H. Sukiman : Mari Ambil Hikmah Dari Kisah Hari Raya Idul Adha atau Berkurban

PASIRPENGARAIAN – Dalam peringatan Hari Raya Idul Adha 1443 H / 2022 M, Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman berharap dari peristiwa besar Ibadah haji qurban, seluruh elemen masyarakat Rokan Hulu dapat mengambil hikmah dan nilai keikhlasan serta menumbuhkan semangat berkurban di Kabupaten Negeri Seribu Suluk.
Hal ini disampaikan Bupati Sukiman saat memberi kata sambutan sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha fi Masjid Agung Islamic Center Rohul, Ahad (10/07) pagi.
Dalam lantunan takbir yang dikumandangkan oleh Bupati Sukiman di Masjid termegah di Kabupaten Rokan Hulu, turut hadir Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan, Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si, Asisten Bupati, Staf Ahli, Kepala OPD dan masyarakat.
Dalam kata sambutan Bupati, H Sukiman mengaku ada dua peristiwa besar yang tidak bisa lepas dari peringatan hari Raya Idul Adha, yakni ibadah haji dan kurban.
“Alhamdulillah patut kita ucapkan syukur, karena pada tahun ini Jemaah ibadah haji asal Kabupaten Rokan Hulu sudah bisa berangkat ke tanah suci Mekah, untuk menunaikan ibadah haji setelah kurang lebih dua tahun tertunda keberangkatannya akibat pandemi covid-19,” kata Bupati mengawali.
Lanjut Bupati, orang nomot satu di Kabupaten Rokan Hulu itu juga mendoakan semoga jemaah Haji senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan dan perlindungan untuk menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan kembali ke tanah air sebagai haji yang mabrur dan mabrurah.
“Aamiin aaminn ya rabbal ‘alamin,” tambah Bupati.
Sedangkan kaitan lain Hari Raya Idul Adha adalah ibadah kurban, dimana berkurban merupakan bentuk kepatuhan seorang hamba kepada sang pencipta, dan sebuah ibadah yang mampu mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas yang tinggi terhadap sesama.
“dengan kata lain bahwa Idul Adha merupakan momentum untuk memperbaiki hubungan, baik sesama manusia dan hubungan dengan Allah SWT. inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan kurban, sekaligus untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim,” jelas Bupati.
Masih dalam agenda yang sama, Bupati Sukiman mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hari ini telah melaksanakan ibadah kurban, dan mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1443/H.
“Kepada masyarakat yang memiliki kemampuan namun belum melaksanakan ibadah kurban, masih ada waktu untuk menunaikannya untuk tiga hari kedepan,” pungkas Bupati.