Hadiri Munas I AKPSI, Berikut Harapan Bupati Rohul

PASIRPENGARAIAN – Bentuk komitmen dan dukungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam mengawal tata kelola dan mengawasi stabilitas harga sawit, Bupati Rohul, H Sukiman turut menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) I Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI).
 
Kegiatan yang dilaksanakan di Beach City Jakarta Internasional Stadium Ancol Jakarta, Sabtu (16/07) itu juga dihadiri oleh 160 Bupati atau Wakil Bupati daerah lainnya se-Indonesia.
 
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Mendagri Tito Karnavian, yang turut dihadiri Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan, Menteri terkait dan Bupati maupun Wakil Bupati dari 160 kabupaten penghasil sawit se-Indonesia.
Dalam pengakuan Bupati Rohul H. Sukiman di hadapan awak media, dia keikutsertaan Pemkab Rohul dalam mengikuti Munas I AKPSI dan Orientasi Pengembangan Kapasitas Pemerintah Desa Untuk Pembangunan Desa Berkelanjutan sebagai representasi untuk memperjuangkan harapan para petani sawit khususnya petani di Kabupaten Rohul terkait stabilisasi harga TBS Kelapa Sawit yang saat ini terbilang menurun dari sebelumnya.
“Sebagai mitra strategis Pemerintah dan stakeholder perkebunan sawit dalam memperjuangkan kepentingan daerah penghasil sawit khususnya pendapatan daerah serta kesejahteraan masyarakat di area perkebunan sawit dalam membangun, menata dan mengawasi tata kelola sawit,” ungkapnya.
Orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk itu juga berharap melalui Munas I AKPSI adanya masukan dan pembaruan terkait regulasi mengenai Dana Bagi Hasil (DBH) dari sektor perkebunan kelapa sawit bagi Kabupaten penghasil kelapa sawit.
“Sehingga melalui retribusi untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan Desa dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan Pembangunan Infrastruktur Daerah di Negeri Seribu Suluk,” jelasnya.
Turut mendampingi Bupati dalam Munas AKPSI I, Kadis Nakbun Rohul Ch Agung Nugroho STP, Kepala BPKAD Rohul Elbizri S.STP, Plt Kepala Bapenda Rohul dan Plt Kadis DPMPD Rohul Prasetyo serta Pengurus APDESI Rohul.