HUT Provinsi Riau ke 64, Bupati Sukiman : Semoga Riau Menjadi Lebih Maju dan Berdaya Saing

PASIRPENGARAIAN – Bersempena Hari Jadi Provinsi Riau ke 64, Bupati bersama Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman dan H Indra Gunawan menghadiri Apel sekaligus Rapat Paripurna bersama Gubernur Riau, H Syamsuar secara virtual, Senin (09/08) pagi.
Akibat pandemi Covid-19, penyelenggaraan Upacara peringatan HUT Riau ke 64 dilaksanakan secara terbatas di Gedung Daerah Provinsi Riau, sedangkan Bupati dan Wakil Bupati beserta Kepala OPD Kabupaten Rokan Hulu lainnya mengikuti dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul, Komplek Pemda Pasir Pengaraian.
Dalam apel, Gubernur Riau H Syamsuar menjelaskan terkait kondisi pertumbuhan Ekonomi Riau ditengah Pandemi Covid-19 yang melanda pada beberapa tahun terakhir.
“Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau mengalami kontraksi sebesar 1,12 persen pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2019 pada triwulan II tahun 2021,” Jelas Gubri.
Diakui H Syamsuar bahwa Provinsi Riau saat ini juga merupakan Provinsi dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terbesar ke-6 di Indonesia atau terbesar kedua di Luar Pulau Jawa.
“Kontribusi PDRB Provinsi Riau terhadap total PDRB seluruh Provinsi Riau di Indonesia sebesar 4,62 persen pada tahun 2020,” Tambah nya.
Berdasarkan pertumbuhan ekonomi yang diukur dari PDRB Provinsi Riau dari sisi lapangan usaha lanjut Gubri, sektor yang memberikan kontribusi terbesar untuk peningkatan perekonomian Provinsi Riau yakni Industri Pengolahan sebesar 28 persen.
“Dengan kata lain, Provinsi Riau tergolong lebih baik baik dibandingkan dengan 33 Provinsi di Indonesia, terutama Indek Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2020 sebesar 72,71 kategori tinggi atau peringkat ke tujuh secara Nasional,” Ungkap Gubri.
Sementara itu, Bupati Rokan Hulu, H Sukiman melalui awak media mengucapkan Tahniah atas Hari Jadi Provinsi Riau ke 64 tahun.
“Kami mewakili seluruh masyarakat Rokan Hulu mengucapkan Tahniah Hari Jadi Provinsi Riau, semoga menjadi lebih maju dan berdaya saing, sehingga mampu menciptakan masyarakat yang makmur, sejahtera seperti yang diinginkan oleh setiap pemimpin,” Kata Bupati.
Diakui Sukiman, bersempena HUT Provinsi Riau ke 64, Blok Rokan yang sebelumnya dikelola oleh Perusahaan Amerika, PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) kini telah dialihkan ke BUMN PT Pertamina  (Persero) melalui anak Usahanya PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).
Peralihan blok Rokan atau Wilayah Kerja (WK) Rokan ini sesuai dengan amanat yang dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) tahun 2018.
“Sesuai dengan interuksi Presiden bahwa terdapat 6 Kabupaten yang mendapat hak mengelola Participating Interest (PI), dimana masing-masing Kabupaten tersebut mendapat sebanyak 10 persen termasuk salah satunya Kabupaten Rokan Hulu,” tambah Bupati.
Bupati Sukiman berharap, dengan kondisi Pandemi Covid-19 dan akibat yang ditimbulkan yakni merosotnya perekonomian masyarakat, diharapkan hak yang diperoleh Kabupaten Rokan Hulu tersebut dapat membantu perekonomian masyarakat sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya.