Terima Penghargaan Bebas Frambusia Dari Kemenkes RI, Sukiman : Masyarakat Rohul Sadar Hidup Sehat

PASIRPENGARAIAN – Kabar membanggakan kali ini datang dari Kabupaten yang dijuluki sebagai Negeri Seribu Suluk, Rokan Hulu (Rohul) yang menerima Penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), sebagai salah satu Kabupaten bebas Frambusia.
Frambusia sendiri dikenal sebagai Frambesia Tropical atau patek yang merupakan penyakit menular melalui kontak langsung dengan ruam pada kulit yang terinfeksi.
Sebagai wujud Kepedulian terhadap lingkungan di Rokan Hulu, diakui Mantan Kepala Dinas Kesehatan Rohul, dr Bambang bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu terus melaksanakan penyuluhan ke tengah masyarakat terkait perilaku hidup bersih dan sehat.
“Pola hidup yang bersih dan sehat ini merupakan kunci utama dalam menghilangkan penyakit Frambusia,” terang dr Bambang yang baru saja dilantik sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Rohul itu.
Diakui dr Bambang, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Dinkes di seluruh sekolah SD di Rohul, didapati 808 siswa yang memiliki sakit kulit mengarah ke penyakit frambusia. Namun, dari hasil screening yang dilakukan, 767 siswa dinyatakan negatif melalui pemeriksaan Rapit Diagnostic Tes (RDT).
Sementara itu, Bupati Rokan Hulu, H Sukiman yang menerima langsung penghargaan dari Kemenkes RI mengaku penghargaan ini menjadi pertanda bahwa masyarakat Rohul saat ini sudah memiliki kesadaran akan pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit termasuk frambusia.
“Oleh karena itu, kita sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat Rokan Hulu yang sadar betul tentang pentingnya hidup sehat,” sebut Sukiman.
Kabupaten/Kota bebas Frambusia yang di berikan dalam acara Peringatan Hari NTDs ini tidak hanya diberikan kepada Kabupaten Rokan Hulu saja. Melainkan terdapat 99 Kabupaten/Kota se Indonesia yang menerima sertifikat bebas frambusia, dan di Provinsi Riau hanya ada 4 Kabupaten yang menerimanya, diantara lain Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Bengkalis. (dan)