Bupati Sukiman : Mari Mengkonsumsi Ikan

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman mengajak seluruh lapisan masyarakat Negeri Seribu Suluk untuk memperbanyak mengkonsumi Ikan, guna percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Rokan Hulu.
Hal ini disampaikan Bupati saat menghadiri acara Gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dalam rangka penurunan stunting di Desa Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir, Rohul, Selasa (25/07).
Turut hadir dalam acara, Ketua TP PKK Rohul Hj.Peni Herawati Sukiman, Kepala Dinas Kesehatan dr.Bambang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barikun,SP, Kepala Dinas Pendidikan Margono, Plt Kepala Dinas DPMPD Prasetyo, Plt Kadis KB drg. Leni Sumbari, Camat Rambah Hilir Agus Salim, Kepala Desa Muara Musu Muhammad Akhyar dan Kepala Desa Se Kecamatan Rambah Hilir lainnya.
Dalam kegiatan ini, Bupati Sukiman bersama Ketua TP PKK Rohul juga menyerahkan bingkisan makanan tambahan bergizi bagi anak-anak yang ada di Kecamatan Rambah Hilir.
Diakui Bupati Sukiman, Ikan merupakan sumber pangan yang berkualitas, karena kandungan asam lemak tak jenuh omega-3 yang dimilikinya mampu meningkatkan kecerdasan serta menjadikan tubuh sehat dan kuat.
“Sehingga ikan sering disebut sebagai makanan kecerdasan. Selain itu, asam amino yang terdapat ditubuh ikan juga kaya dengan lysine dan threonine yang berkualitas tinggi, rendah kolesterol, tidak mudah rusak oleh pemanasan, sehingga absorbsi atau penyerapan protein pada ikan lebih tinggi bila dibandingkan dengan protein yang bersumber dari hewani lainnya,” ungkap Bupati.
Dengan gerakan Gemar memakan ikan (Gemarikan), disampaikan Bupati, juga sebagai salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam memberikan gizi yang sehat kepada masyarakat sebagai langkah penurunan Stunting di Rokan Hulu.
“Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan, sehingga pertumbuhan kecerdasan anak-anak di Rokan Hulu terpenuhi dari asupan gizi yang mengandung protein hewani yang bersumber dari ikan sehingga anak-anak dapat tumbuh dengan sehat, cerdas dan menjadi generasi yang mampu mewujudkan Kabupaten Rokan hulu menjadi Daerah yang maju dimasa yang akan datang,” tambah Bupati.
Sementara itu, Kepala DKPP Rohul Barikun,SP mengatakan, pada tahun 2023 ini target yang akan dicapai dalam gerakan Masyarakat Gemar Memakan Ikan adalah 200 orang penerima manfaat. Selain dpaat tersosialisasikan dengan baik, juga dapat membiasakan anak untuk gemar memakan ikan.
“Program ini dilakukan disebabkan di Kabupaten Rokan Hulu ini memiliki potensi yang sangat luas, sehingga masih mudah bagi masyarakat untuk memperoleh ikan secara gratis hanya dengan bermodalkan kemauan dari masyarakat sendiri. Di Rokan Hulu ini di kelilingi oleh sungai yang besar memudahkan masyarakat untuk mendapatkan ikan,” katanya.
“Selain itu, pada tahun 2022 hingga 2023 ini, melalui DKPP Rohul juga telah membetuk kelompok budidaya ikan di Rokan Hulu  baik itu secara budidaya ikan Bundar maupun Kolam Terpal,” tutupnya.