Tingkatkan SDM, Dispussip Rohul Gelar Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah

PASIRPENGARAIAN – Sesuai UU No 43 dan Perbup Rokan Hulu nomor 73 tahun 2021 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas pokok dan fungsi serta tata kerja, Dinas Perpustakaan dan Arsip Rohul gelar Bimtek pengelolaan perpustakaan sekolah se Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (25/07) di Hotel Gelora Pasir Pengaraian.
Kegiatan yang dilaksanakan selama beberapa hari tersebut, diikuti oleh puluhan Kepala maupun pengurus Perpustakaan sekolah se Rohul dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Kunwardoyo S.Sos yang merupakan Pustakawan Ahli Madya dan Joko Nugroho A.Md, pustakawan Ahli Muda.
Saat membuka acara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Rohul, Ir H Muhammad Ruslan M.Si mengatakan bahwa perpustakaan berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar mengajar, informasi, penelitian dan membaca yang berguna untuk menambah ilmu pengetahuan, sehingga perlu dilakukan pembinaan dan dikembangkan seluruh perpustakaan sekolah yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.
“Pentingnya peran dan fungsi sebuah perpustakaan dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, maka dirasa perlu adanya kebijakan berupa pembinaan dan pengembangan bagi petugas atau pengelola perpustakaan di Sekolah-sekolah,” kata Ruslan.
Dengan adanya kegiatan bimtek ini, Kadis Ruslan berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga lepas dari Bimtek peserta dapat menerapkan ilmu yang didapatkan di sekolah masing-masing.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan dan Arsip Rohul, Sumardi M.Si mengaku adapun tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan bagi petugas atau pengelola perpustakaan sekolah yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.
“Sehingga SDM Perpustakaan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ini menjadi lebih berkualitas serta handal dalam mengelola perpustakaan sekolah sesuai dengan ilmu perpustakaan,” jelasnya.
Selain daripada itu, diakuinya kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan indeks literasi pembudayaan gemar membaca di Sekolah.
“Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 30 pengurus perpustakaan sekolah dimulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas atau SMA se Kabupaten Rokan Hulu,” tambahnya.