CEGAH STUNTING, Bupati dan Ketua TP PKK Rohul Bagi Makanan Bergizi

PASIRPENGARAIAN – Berbagai upaya terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu guna mencegah perluasan Stunting di Negeri Seribu Suluk. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemkab yakni memberi makanan tambahan bergizi bagi anak-anak di usia Golden Age di Kecamatan Rambah Hilir, Jumat (09/12).
Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Rambah Hilir itu, turut dihadiri oleh Bupati H sukiman, Ketua TP PKK Rohul atau Bunda PAUD, Hj Peni Herawati, Asisten II Drs Ibnul Ulya M.Si, Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos, Kalaksa BPBD Rohul Zuljandri Rosa S.Si MM, Kadis Dikpora Rohul Margono S.Sos M.Si, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, Camat Rambah Hilir H. Agussalim S.Sos dan Kepala Desa se Kecamatan Rambah Hilir.
Diakui Bupati, bahwa bebas Stunting merupakan salah satu wujud Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Rohul untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia cerdas dan sehat dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang maha esa.
Dijelaskan Bupati, angka stunting pada tahun 2018 menunjukkan penurunan, dimana sebelumnya diangka  27 persen menjadi 18 persen, ini sebagai bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu begitu berkomitmen dalam penurunan stunting di Negeri Seribu Suluk
“Secara langsung stunting disebabkan asupan yang kurang dan penyakit infeksi yang keduanya saling mempengaruhi. Secara tidak langsung, ketahanan pangan hingga tingkat rumah tangga, pola asuh, serta akses terhadap kelayakan sanitasi utamanya air bersih harus ditingkatkan,” kata Bupati Sukiman.
Lanjut Bupati lagi, dengan adanya kegiatan ini tentu dapat bermanfaat bagi masyarakat Rambah Hilir, terutama dalam rangka meningkatkan paradigma masyarakat tentang pola hidup sehat.
Sementara itu, Ketua TP PKK Rohul yang juga menjabat sebagai Bunda PAUD Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman mengatakan, kegiatan pemberian makanan bagi siswa sekolah ini, merupakan salah satu upaya kita bersama dalam mencegah stunting di Rohul.
“Tentu ini menjadi tanggungjawab bagi kita bersama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan dan pentingnya makanan bergizi. Apalagi saat ini Pemkab Rohul sedang gencar-gencarnya mengatasi masalah stunting.
“Salah satunya dengan memberikan makanan tambahan bagi anak-anak pra sekolah, sebagai upaya untuk meningkatkan kebutuhan gizi mereka, sehingga anak-anak usia dini yang kita miliki akan memperoleh masa tumbuh kembang yang baik,” harap Hj Peni.
Wanita berparas lemah lembut itu juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan kabupaten Rohul yang bebas stunting, sehingga nantinya dapat mencetak generasi generasi yang lebih baik dan lebih hebat dalam membawa kemajuan di negeri seribu suluk.