H ZULYADAINI dan H DIPENDRI DIKUKUHKAN SEBAGAI KETUA DPH DAN MKA LAMR ROHUL

PASIRPENGARAIAN –  H Zulyadaini dan Dr H Dipendri S.Pd MM resmi dikukuhkan dan ditabalkan sebagai Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) dan Ketua Majlis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hulu (Rohul) masa bakti 2022-2027, Rabu (21/12) di Gedung LAMR Rohul, Komplek Pemda Pasir Pengaraian.
Turut hadir dalam agenda pengukuhan Kepengurusan LAMR Rokan Hulu, Bupati Rokan Hulu, H Sukiman bergelar Datuk Setia Amanah Panglimo Pukaso, Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan bergelar Timbalan Datuk Setia Amanah Setia Naguay, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra ST dan Ketua Umum MKA LAM Riau, H Raja Marjohan Yusuf, Forkopimda dan tokoh adat LKA se Kabupaten Rokan Hulu.
Sebelumnya, kedatangan Bupati Rokan Hulu bersama rombongan disambut hangat dengan musik khas Kabupaten Rokan Hulu, Gondang Borogong (red) yang diikuti dengan pencak silat khas Negeri Seribu Suluk.
Dalam kata sambutannya, Bupati Sukiman mengucapkan selamat kepada Ketua DPH dan MKA LAMR Rohul yang baru saja dilantik, semoga segenap pengurus yang telah diberikan amanah dapat mengemban dan mengembangkan lembaga adat Melayu Riau di Negeri Seribu Suluk.
“Sebagai suatu lembaga resmi non pemerintah, lembaga adat mempunyai peran dalam bermitra dengan pemerintah, karena lembaga adat melayu merupakan pengembang dan pelestarian adat budaya lokal agar keragaman adat dan budaya serta suku yang ada di negeri yang kita cintai ini tetap aman dan harmonis sebagai suatu kekayaan daerah dengan tetap menampakkan identitas kemelayuannya,” kata Bupati.
Masih dalam kegiatan yang sama, Bupati Sukiman juga memberi pesan kepada pengurus LAMR Rohul terpilih untuk mengembalikan tujuan dasar atas pembentukan LAMR pada tahun 1971, yang mana pada waktu itu LAMR bernama Lembaga Adat Daerah bertujuan melaksanakan pelestarian dan pengembangan adat melayu di Provinsi Riau.
Sementara itu, Ketua DPH LAMR Rohul yang baru saja dikukuhkan, H Zulyadaini menjelaskan dalam memajukan LAMR Rokan Hulu yang lebih baik, dibutuhkan kerjasama dari berbagai elemen masyakarat. Oleh karena itu, kedepan LAMR Rohul akan mengundang berbagai pihak untuk menyatukan persepsi dan tujuan agar LAMR Rohul, kokoh, bermarwah dan disegani banyak orang.
“Apabila kita bersatu, baru kita kokoh, namun apabila kita bercerai berai, maka Negeri kita ini tidak akan aman,” sebutnya.
Diakui H Zul, bahwa LAMR Rohul bukan dimiliki oleh beberapa kelompok, melainkan dimiliki oleh seluruh masyarakat Kabupaten Rokan Hulu, sehingga bagian dari LAMR Rokan Hulu itu sendiri berhak untuk bersama-sama memajukan LAMR Rohul.