Samsul Kamar : Harga TBS Sawit Merangkak Naik

PASIRPENGARAIAN – Terkait pemberitaan menurunnya harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit pada beberapa waktu yang lalu, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul, CH Agung Nugroho melalui Plt Kepala Bidang (Kabid) Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Disnakbun Rohul Samsul Kamar S.Hut M.Si sampaikan harga TBS di Provinsi Riau masih terbilang normal.
Diakui Samsul, memang dalam beberapa waktu yang lalu tepatnya diantara tanggal 26 Januari hingga 1 Februari 2022, harga TBS Sawit di Riau terkhusus di Kabupaten Rokan Hulu mengalami penurunan namun tidak signifikan.
“Memang untuk harga TBS dalam beberapa minggu ini terdapat pergejolakan di beberapa PKS yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, dimana pada tanggal 31 Januari 2022 harga TBS sawit berkisaran diangka Rp 2300 hingga Rp. 2900,” Kata Samsul.
Dijelaskan Samsul bahwa menurunnya harga TBS sawit di beberapa wilayah terkhusus Kabupaten Negeri Seribu Suluk dikarenakan adanya salah salah tafsir dari para pengusaha kelapa Sawit terhadap Kebijakan dari Kementerian Perdagangan terkait impelemtasi Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO).
“Dalam mekanisnya, Kebijakan DMO sebesar 20 persen atau kewajiban pasok ke dalam Negeri berlaku wajib untuk seluruh eksportir yang menggunakan bahan baku CPO, dan pelaku usaha Kelapa Sawit di beberapa Provinsi termasuk di Kabupaten Rokan Hulu banyak yang salah tafsir atas kebijakan ini,” Kata Samsul lagi.
Atas dasar itu pula lanjut Samsul, beberapa pelaku usaha PKS pun menurunkan harga TBS sawit berkisaran diangka Rp 200 hingga Rp 900 per kilo di Lapangan.
“Mungkin yang paling merasakan kerugian itu adalah para pengepul, dimana sebelumnya mereka sudah membeli dengan harga tinggi, namun dijual kembali dengan harga yang murah, sehingga hal itu menyebabkan kerugian,” Sebut Samsul.
Namun demikian tambah Samsul, berdasarkan rapat harga oleh pihak Dinas Perkebunan Provinsi Riau, per 2 Februari hingga 8 Februari 2022, harga TBS di Provinsi Riau mengalami kenaikan.
“Yang dulu harga TBS sawit diumur 10 Tahun berkisar diangka Rp 2.333, sekarang menjadi Rp 3.621” Tambahnya lagi.