Sepekan Menjelang Idul Adha, Disnakbun Rohul Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

PASIRPENGARAIAN – Sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul fokus terhadap pemeriksaan hewan yang akan disembelih pada hari raya Kurban.
Disampaikan Kepala Disnakbun Rohul, CH Agung Nugroho melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Doni, bahwa sebelumnya Dinas Peternakan dan Perkebunan Rokan Hulu telah membentuk tim penyuluh lapangan yang akan melakukan pengecekan langsung terhadap kelayakan hewan kurban.
“Tim sebanyak 68 orang ini terdiri dari dokter hewan dan tenaga kesehatan hewan,” terang Doni, Selasa (11/06) saat ditelepon oleh awak media via telepon.
Tim ini dijelaskan Doni, akan disebar di 16 Kecamatan yang ada di Rokan Hulu guna melakukan pemeriksaan kelayakan dan persyaratan hewan yang akan dikurbankan.
“Pemeriksaan hewan kurban ini telah dilakukan sejak 1 bulan terakhir, hingga menjelang Hari Raya Idul Adha atau sebelum dilaksanakannya pemotongan hewan kurban di Masjid-masjid yang ada di Rokan Hulu,” kata Doni lagi.
Ketika ditanya terkait adakah indikasi hewan kurban yang mengalami penyakit Ngorok atau Septicaemia Epizootica (SE) seperti tahun-tahun sebelumnya, Doni mengaku sejauh ini hewan-hewan kurban yang telah diperiksa dalam keadaan sehat dan tidak mengalami sakit.
“Sampai hari ini Alhamdulillah belum terkonfirmasi untuk hal itu, dan mudah-mudahan tidak ada sampai pemotongan hewan kurban dilaksanakan,” sebut Doni.
Namun demikian, Doni tetap mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus dan selalu melakukan koordinasi dengan Disnakbun maupun Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan petugas lapangan terkait kesehatan hewan kurban.
“Kita meminta kepada masyarakat, yang apabila menemukan gejala-gejala yang tidak wajar pada hewan kurban, untuk segera melaporkannya ke kami atau dokter hewan terdekat,” terang Doni.
“Untuk lebih lanjut, masyarakat juga bisa meminta surat kesehatan dari dokter hewan ataupun pihak berwenang, sehingga hewan yang akan dikurbankan  dapat dipastikan benar-benar dalam keadaan sehat,” tambah Doni lagi.
Melalui kolaborasi yang baik, dia berharap masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan tenang, serta hewan kurban yang disembelih juga dalam keadaan sehat dan memenuhi syarat yang telah ditetapkan