Upgrading, BPKAD Rohul Beri Sosialisasi Pengelolaan dan Laporan Keuangan OPD dan BLUD

PASIRPENGARAIAN – Guna meningkatkan kapasitas Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan dan Bendahara terkait aturan baru tentang pengelolaan keuangan daerah Permendagri no 77 tahun 2020, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) gelar sosialisasi koordinasi pelaksanaan akuntansi dan pelaporan keuangan OPD dan BLUD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Di Sapa dia Hotel, Pasir Pengaraian.
Diakui Plt BPKAD Rohul, Elbisri melalui Kabid Laporan Keuangan BPKAD Rohul, Emra Syahnur, Selasa (26/07) bahwa kegiatan ini telah dibuka pada Senin (25/07) dan akan  berlangsung selama tiga hari.
“Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai dari Senin hingga Rabu (25-27 Juli 2022,” katanya.
Untuk peserta sendiri, diakui Kabid Emra terdiri dari seluruh Kasubag dan Bendahara dari masing-masing OPD dan BLUD yang ada di Lingkungan Pemkab Rohul.
“Ada puluhan peserta, hari pertama sebanyak 23 orang dari OPD sedangkan untuk hari ketiga untuk BLUD yang terdiri dari 21 peserta dari puskesmas dan RSUD,” jelasnya.
Untuk Narasumber, BPKAD Kabupaten Rokan Hulu juga mendatangkan BPKP Provinsi Riau serta 3 Narasumber yakni Apul Pandopotan Saragih, Gamadi Surya Putra dan Siti Roh Chayatun sebagai pemateri yang ahli dibidangnya.
“Dalam hal ini, kami juga menyampaikan beberapa regulasi pemahaman keuangan, salah satunya perubahan dari PP 58 Tahun 2005 ke PP Nomor 12 Tahun 2019, PP Nomor 13 Tahun 2006 ke PP Nomor 77 tahun 2022,” katanya.
“Dengan adanya agenda ini, kita berharap dapat memberi pemahaman bagi Kasubag Keuangan dan Bendahara OPD dan BLUD di Lingkungan Pemkab Rohul, sehingga penyusunan laporan Keuangannya dapat lebih baik,” harapnya.