Pengabdian, Tim Kukerta Unri Desa Beringin Makmur Beri Pelatihan Budikdamber

PELALAWAN – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Universitas Riau (Unri) 2020 menggelar pelatihan Budikdamber guna memanfaatkan lahan sempit yang ada serta meningkatkan produktivitas masyarakat selama masa pandemi Covid-19, kamis (06/08/2020) bertempat di Aula samping kantor desa Beringin Makmur, kecamatan Kerumutan, kabupaten Pelalawan.

Budikdamber adalah singkatan dari budidaya ikan dalam ember yang merupakan sebuah teknik budidaya ikan dan penanaman sayur yang dipadukan dalam ember. T

Tren Budikdamber telah mulai dikenal sejak tahun 2016 lalu sedangkan pelatihan Budikdamber oleh mahasiswa Kukerta Balik Kampung Unri baru saja disalurkan kepada masyarakat Desa Beringin Makmur.

“Budikdamber menjadi salah satu alternatif untuk tetap produktive selama dirumah aja” ujar salah seorang peserta pelatihan.

Peserta lain pun mengiyakan pernyataan tersebut, hal Itu menjadi salah satu tanda bahwa pelatihan yang diberikan mahasiswa Kukerta Unri ini diterima dengan baik oleh masyarakat.

Pelaksanaan pelatihan Budikdamber di koordinasi Auriza Salsabila selaku ketua tim KUKERTA Balek Kampung unri 2020 di desa Beringin Makmur.

Walaupun mengikuti pelatihan, nyatanya peserta dan pelaksana pelatihan Budikdamber di Desa Beringin Makmur tetap diwajibkan menggikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, memakai handsanitizer dan social distancing satu sama lain.

Kegiatan pelatihan Budikdamber di ikuti oleh 15 ibu-ibu yang terdiri dari 3 dusun yang berbeda.

Auriza Salsabila berharap pelatihan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.