Wujudkan MPLS yang Menyenangkan, Disdikpora Rohul Bersama Pokja Bunda PAUD Lakukan Monitoring

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka mendukung gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bekerjasama dengan Pokja Bunda PAUD, melaksanakan kunjungan ke beberapa Satuan PAUD yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.
Kegiatan kunjungan yang dilaksanakan pada Rabu (10/07) tersebut dilakukan di dua Taman Kanak-Kanak (TK), yakni TK Negeri Pembina Rambah Hilir dan TK Sayang Bunda, Desa Batas Kecamatan Tambusai.
Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu H. Damri Poti, S.Sos.,M.AP melalui Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Komar Zaman, S.Pd.,MMA, bahwa monitoring MPLS pada Satuan PAUD merupakan upaya memastikan seluruh satuan pendidikan menjalankan kebijakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan pada tahun ajaran baru.
“Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan salah satu upaya bersama untuk memastikan pemenuhan hak kemampuan fondasi anak usia dini, dari mana pun titik berangkat anak, mereka berhak mendapatkan hak yang sama agar dapat siap bersekolah dan menjadi pembelajaran sepanjang hayat,” ungkapnya.
Pria yang akrab disapa Komar itu menjelaskan, terdapat 3 (tiga) target perubahan dalam Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.
“Seperti menghilangkan tes calistung pada proses PPDB di SD atau MI, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama ajaran baru di satuan PAUD dan SD serta menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak Satuan PAUD dan SD,” terang Komar.
Dalam gerakan ini, diakui Komar perlu mendapat dukungan dari semua pihak, agar dapat terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak, sehingga mereka semangat dalam menimba ilmu pengetahuan di Sekolah.
“Semua harus saling mendukung, baik kami dari Pemerintah Dinas Pendidikan, Guru, Kepala Satuan PAUD dan SD, orang tua, organisasi mitra, tokoh masyarakat serta tokoh agama,” tambah Komar lagi.
Masih ditempat yang sama, Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Rokan Hulu, Muharamaini, S.Pd melalui Bendahara, Junaiti, S.IP mengatakan bahwa, kegiatan Monitoring MPLS ke Satuan PAUD ini merupakan salah satu Program Kerja Pokja Bunda PAUD Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2024 dalam rangka mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.
“Dan kita sangat senang, seluruh pihak mendukung dalam monitoring ini,” sebutnya.
Pada kunjungan ke kedua TK tersebut, turut hadir Kabid PAUD dan Dikmas Disdikpora Rohul, Komar Zaman, S.Pd.,MMA, Bendahara Pokja Bunda PAUD, Junaiti, S.IP, Bunda PAUD Desa Muara Musu, Melati, M.Pd, Bunda PAUD Desa Batas, Bintang Purnama, MM.Pd dan Kepala Desa Batas Hablum Tambusai, S.Pd,