Peduli Alam, PT SPR Langgak Gelar Pelatihan Produksi Bersih Ramah Lingkungan

RIAUSMART, PEKANBARU – Guna meningkatkan perekonomian masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan, PT SPR Langgak menggelar Pelatihan Produksi Bersih Ramah Lingkungan, Senin (04/10) di Rumbai Pekanbaru.
Dalam kegiatan operasi produksi UKM atau IKM berjalan dan berkembang, tentu ada dampak lain yang sebagain besar tidak disadari, hal itu ialah limbah Produksi. Untuk mengatasi limbah produksi yang selama ini dibuang atau dibakar, maka PT SPR Langgak mengadakan pelatihan kepada anggota IKM Langgak Craft yang merupakan IKM binaan PT SPR Langgak sejak tahun 2020.
Menurut Rafiq Adriansyah selaku Head of Field Support PT SPR Langgak sekaligus ketua pelaksana mengatakan, pelatihan produksi bersih ramah lingkungan ini sebagai salah satu upaya perusahaan dalam membina IKM agar peduli terhadap lingkungan.
“Upaya tersebut dilakukan dengan cara memanfaatkan limbah hasil produksi menjadi sesuatu yang bermanfaat, dibutuhkan oleh masyarakat dan lingkungan serta bernilai ekonomis bagi IKM Langgak Craft,” Sebut Rafiq.
Diakui pria berkaca mata tersebut bahwa dengan pelatihan ini diharapkan IKM Langgak Craft dapat meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan nilai tambah dari suatu produk dalam proses produksi sekaligus membantu melestarikan lingkungan.
“Harapan kami, semoga dengan pelatihan ini, IKM Langgak Craft mampu menjadi IKM yang produktif, inovatif sekaligus peduli dan turut serta dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,” Tambahnya.
Sri Harwati mewakili anggota IKM Langgak Craft turut mengucapkan terima kasih kepada PT SPR Langgak dan SKK Migas yang senantiasa peduli dan membantu masyarakat terutama bagi IKM Langgak Craft untuk terus maju dan berkembang.
“Terima kasih yang tidak terhingga buat PT SPR Langgak, SKK Migas dan trainer yang telah memberikan kami kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman pada hari ini. Semoga dengan adanya pelatihan ini kami dapat berbagi pengalaman yang diperoleh dengan anggota IKM lainnya, bahkan masyarakat Kecamatan Tandun umumnya,” Sebutnya.
Sri Harwati juga mengakui manfaat besar dari pelatihan tersebut, sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan untuk menambah variasi produk IKM mereka yang tentunya kedepan dapat meningkatkan penghasilan.
Adapun peserta dari IKM Langgak Craft yang mengikuti pelatihan adalah Sri Harwati, Suyanti, Jamilah, Masitah, Susilawati dan Setiawati. Juga turut hadir dalam pelatihan ini Arbain selaku Public Relation Specialist dan Achmad Rafdi Hazimi Tim Field Support PT SPR Langgak.