Terkait Surat Edaran Disdik Riau, PGRI Riau Memberi Respon

PEKANBARU – Surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau baru-baru ini mendapatkan komentar banyak dari masyarakat, melalui surat Nomor:800/Disdik/1.3/2024/5755 Perihal : Pelaksanaan Perpisahan Kelas XII SMA/SMK Negeri secara sederhana tertanggal 24 April 2024, mendapatkan banyak respon dari masyarakat, khususnya dari PGRI Provinsi Riau yang merupakan organisasi perkumpulan seluruh guru.
“Edaran ini sungguh mengejutkan bagi kita semua, ditengah kondisi ekonomi masyarakat sedang luluh lantak, terbit surat dari Disdik Riau yang sangat membahagiakan para orang tua. Bagaimana tidak, perpisahan sekolah biasanya menjadi ajang pesta besar-besaran menimbulkan kekhawatiran banyak orang tua untuk mencari biaya iurannya. Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada mitra kami Dinas Pendidikan Provinsi Riau, kepada bapak Tengku Fauzan Tambusai telah menjadi sosok inspiratif bagi kami atas tindakannya tersebut.”ucap Dr. Adolf Ketua PGRI Provinsi Riau
“Dan saya berharap teman-teman Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB Negeri di Provinsi agar dapat mematuhi himbauan tersebut, karena penyelenggaraan perpisahan atau pelepasan siswa di sekolah tidak kalah seru atau heboh dan bahkan akan lebih berkesan bagi siswa dan orang tua mengakhiri masa studinya di sekolah tercinta,” Tutupnya.
Diketahui isi dari surat tersebut “Sehubungan dengan telah berakhirnya pelaksanaan ujian akhir kelulusan untuk kelas XII jenjang SMA/SMK Negeri Provinsi Riau, biasanya setiap Satuan Pendidikan mengadakan kegiatan perpisahan untuk siswa/i di Satuan Pendidikan. Maka dengan ini, dalam rangka menyikapi kondisi masyarakat saat ini serta agar tidak membebani masyarakat, Orangtua/Wali Peserta Didik SMA/SMK Negeri se-Provinsi Riau agar melaksanakan perpisahan/pelepasan Kelas XII secara sederhana dan dilaksanakan dilingkungan Satuan Pendidikan masing-masing. Ditanda tangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Tengku Fauzan Tambusai, S.STP.
Sampai saat ini banyak banjir komentar positif disampaikan kepada Kadisdik Provinsi Riau itu dari berbagai elemen masyarakat Riau atas tindakannya menerbitkan surat edaran yang membahagiakan bagi banyak orang tua.