Bupati Rohul Tinjau Vaksinasi Massal, Bangga Melihat Antusias Anak-Anak Mau Divaksin

PASIRPENGARAIAN – Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Rohul, Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman melakukan peninjauan pelaksanaan Vaksinasi massal bagi anak, dewasa dan lansia. Kegiatan vaksinasi sendiri dilakukan di Taman Kota Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, Rokan Hulu, Sabtu (12/02).
Turut mendampingi Bupati, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Ketua GOW Rohul Hj Sri Yulita Indra Gunawan, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadiskes Rohul dr Bambang, Kadisdikpora Rohul Drs H Ibnu Ulya M.Si dan Plt Kepala BPBD Rohul Afrizal SP M.Ap.
Disampaikan Bupati Sukiman dihadapan awak media, melihat antusias anak-anak dalam mengikuti vaksinasi massal, dia berharap anak-anak yang telah menjalani vaksinasi dapat dijadikan sebagai duta perubahan perilaku bersama melawan Covid-19.
“Jadi perubahan perilaku yang harus dilaksanakan, yakni yang dulu tidak pernah ada, namun sekarang itu harus dilakukan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” katanya.
Selain daripada itu, orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk ini juga memaparkan tentang pentingnya vaksinasi bagi anak yang telah teruji, aman, halal dan sehat. Dimana percepatan vaksinasi anak ini juga mendukung kekebalan tubuh anak sehingga pembelajaran tatap muka dapat terlaksana dengan aman dan terhindar dari ancaman penularan Covid-19.
“Oleh karena itu penekanan kita kuncinya tetap selalu harus menggunakan masker, yang kedua baru menjaga arak dan mencuci tangan. Anak ini menjadi duta perubahan perilaku bersatu melawan Covid-19, setelah dia divaksin dia bisa mengajak temannya untuk divaksin,” harapnya Bupati.
Masih ditempat yang sama, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK membeberkan tentang vaksinasi di Kabupaten Rokan yang terbilang masih minim, sehingga dibutuhkan kerja keras pengoptimalan vaksinasi.
“Saat ini Vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 84,68% dan vaksin dosis keduanya sudah 52,48%. Tentukan harus dilakukan percepatan untuk mengatasi varian omicron. Oleh karena bersama-sama dengan Bupati serta TNI Polri bergabung untuk menangani covid-19 ini dengan cara-cara sinergitas bersama-sama untuk meningkatkan kekebalan tubuh masing-masing kelompok masyarakat,” Ungkap Kapolres.
Diakui Kapolres, terdapat problematika di tengah masyarakat, dimana beberapa orang tua yang anaknya sudah divaksin tidak menginginkan anaknya bergabung dengan anak lain yang belum divaksin, dengan kata lain, mereka tidak menginginkan anak-anak yang sudah divaksin bergabung sekelas untuk anaknya belum vaksin.
“Sehingga hari ini kita harus pastikan kepada orang tuanya, agar mereka yang belum diberi izin anaknya untuk divaksinasi, kalau pun belum agar belajar secara daring,” Pungkasnya.