Sasaran Vaksinasi di Rohul Bagi Anak Usia 6-11 Tahun 68.306 Anak

PASIRPENGARAIAN – Sasaran vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 Tahun di Kabupaten yang dijuluki Negeri Seribu Suluk, Rokan Hulu (Rohul) sebanyak 68.306 anak.
Hal ini disampaikan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman melalui Kepala Dinas Kesehatan, dr Bambang kepada awak media, Selasa (18/01) di Kantor Dinas Kesehatan, Komplek Pemda Pasir Pengaraian.
Diakui dr Bambang, pasca dibuka langsung pelaksanaan vaksinasi massal pertama bagi anak usia 6-11 Tahun oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman pada Jumat (14/01) lalu, masing-masing Fasilitas Kesehatan (Faskes) se Kabupaten Rokan Hulu telah melakukan vaksinasi bagi anak usia 6-11 Tahun di Wilayah kerjanya masing-masing.
“Sasaran ini kan adalah anak Sekolah Dasar, jadi setiap Puskesmas melakukan vaksinasi di Sekolah,” Jelas dr Bambang.
Ketika ditanya terkait jumlah keseluruhan pencapaian Vaksinasi bagi anak usia 6-11 Tahun di Kabupaten Rokan Hulu, dr Bambang mengatakan hingga hari ini berjumlah sekitar 130 anak.
“Dan ini juga masih berlanjut, saat ini kita juga tengah menjemput alokasi vaksin untuk Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 49.000 dosis, dan tentunya ini cukup untuk kebutuhan pelayanan vaksinasi bagi anak usia 6-11 Tahun,” Tambahnya.
Dia juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Kesehatan Kabupaten juga berupaya untuk meminta kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau agar dapat terus memenuhi alokasi vaksin di Kabupaten Rokan Hulu.
Ketika ditanya terkait apakah ada keluhan atau laporan dari masyarakat yang anaknya mengalami sakit pasca melakukan vaksin, dr Bambang mengatakan sejauh ini tidak ada, dan berharap kepada orang tua atau Wali Murid yang anaknya mengalami sakit atau demam pasca vaksin, untuk dapat menghubungi puskesmas terdekat.
“Dan itu semua tidak dipungut biaya atau free,” jelas Bambang.
Kepada seluruh orang tua di Kabupaten Rokan Hulu, dr Bambang berharap dapat bersama-sama mensukseskan vaksinasi bagi anak usia 6-11 Tahun.
“Kami menghimbau kepada seluruh orang tua, untuk dapat memberikan pemahaman kepada anak dan kita semua, bahwa tujuan Pemerintah melakukan vaksinasi adalah untuk membentuk kekebalan tubuh agar terhindar dari penyebaran Pandemi Covid-19,” Pungkas dr Bambang.