DAMPAK PENGARUH GADGED DI ERA GLOBLALISASI BAGI REMAJA

RIAUSMART – Dari beberapa masalah yang dihadapi kalangan remaja tentang gadged yang dialami saat ini, banyak anak muda zaman sekarang sudah mengenal yang namanya gadged seperti : smartphone, komputer, tablet dan lain lain.

Saat ini gadget di kalangan remaja tidak digunakan sebagai media komunikasi saja tapi sudah multi fungsi, kamera salah satunya dapat di manfaatkan oleh para pengguna gadged untuk mengabadikan momen pribadi, bisa mencari teman masa kecil yang sudah lama tidak ketemu, bisa bersosialisasi dari gadged dan bisa mencari nafkah dari gadged.

Hampir semua anak kalangan remaja sudah memiliki atau mempunyai gadged, dan mereka sudah bisa mencari yang namanya uang. Dengan mereka mendapat uang dari hasil mereka konten, ngevlog, youtubers, tiktok, dan dari konten creator dan sebagainya.

Manfaat gadged dan bahaya bagi anak zaman sekarang memang tidak bisa dihindari atau pungkiri dan pada akhirnya menjadi dilema tersendiri untuk para orang tua, Gadged memang tidak bisa dihindari dari kehidupan zaman sekarang. Gadged bukan menjadi solusi bagi kita namun hal tersebut bisa menjadi boomerang karena menghalangi anak bersikap adaptif terhadap perkembangan zaman.

Sebenarnya gadged memiliki banyak manfaat bagi kalangan remaja yang bisa manfaatkan dengan baik, manfaat gadged yang baik bagi kalangan remaja seperti :

Menambah pengetahuan umum
Meningkatkan kemampuan visual si anak
Menambah wawasan yang luas
Menambah kreativitas si anak dan inofasi anak
Mudah belajar keterampilan baru
Mendapatkan informasi dengan mudah dan efisien

Dampak atau akibat berlebihan menggunakan gadged bagi kalangan remaja saat ini seperti :

Menghambat perkembangan keterampilan si anak
Tidak berfikir kreatif
Tidak mengenal waktu
Membuat anak menjadi males
Suka melawan orang tua atau membantah orang tua, membuat anak tidak sopan kepada orang yang lebih tua, mengganggu kesehatan bagi si anak

Faktor yang mendorong anak kecanduan gadged dikalangan remaja yaitu:

kurangnya perhatian orang tua kepada anak, kurangnya control orang tua kepada anak,

anak merasa kesepian,

faktor dari lingkungan,

kesibukan orang tua sehingga anak tidak bisa terkendali.

Cara mengatasi anak remaja yang kecanduan gadged yakni dengan memberi batasan waktu untuk menggunakan gadged pada si anak, memperbanyak sosialisasi dengan teman, keluarga dan orang orang terdekat, mematikan gadged sebelum tidur, menghapus semua aplikasi si anak yang membuat kecanduan Gadged diganti dengan buku buku Gadged diganti dengan membaca Al-quran

Oleh: Neni Anggelina Respati. W