Hindari Bahaya DBD, dr Darmadi Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

PASIRPENGARAIAN – Mengingat tingginya curah hujan di Negeri Seribu Suluk pada beberapa pekan terakhir, Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu mengimbau kepada seluruh masyarakat Rohul untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga terhindar dari Bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD).
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, dr Bambang melalui Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Rohul, dr Darmadi Lubis, Rabu (09/02).
Diakui dr Darmadi Lubis, musim penghujan merupakan momen yang kerap dimanfaatkan oleh nyamuk untuk berkembang biak. Sehingga dibutuhkan penanganan tepat untuk mengantisipasi bahaya nyamuk penyebar penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).
“Kita mengimbau kepada masyarakat semua untuk berhati-hati terhadap DBD ini,” Kata dr Darmadi.
Dijelaskan dr Darmadi, gejala awal DBD tak jauh berbeda dengan demam kebanyakan. Namun, beberapa korban DBD dapat ditandai dengan munculnya bintik merah pada kulit.
“Kepada masyarakat yang menduga terpapar demam berdarah, agar dapat segera membawa korban ke instalasi kesehatan terdekat untuk mendapat tindakan medis sesegera mungkin, jangan sampai menunggu semakin parah,” Tambahnya.
Lanjut dr Darmadi, untuk menghindari perkembangan nyamuk penyebab DBD, dia mengajak kepada seluruh masyarakat Rokan Hulu untuk melakukan langkah antisipatif, seperti membersihkan lingkungan sekitar rumah.
“Beberapa cara yang paling efisien adalah, dengan menjaga kebersihan lingkungan di musim penghujan seperti sekarang,” katanya.
Sedangkan langkah antisipatif lainnya tambah dr Darmadi, kita bisa menutup pintu rumah dan jendela pada jam-jam rawan persebaran nyamuk demam berdarah seperti pagi dan sore hari.
“Juga bisa menggunakan obat nyamuk untuk mensterilkan ruangan,” Pungkasnya.