LKA Ujung Batu Beri Gelar Kehormatan Adat, Wabup dan Anggota DPRD Rohul Kebagian

PASIRPENGARAIAN – Bentuk penghargaan terhadap anak Kemenakan Kecamatan Ujung Batu yang duduk di Bangku Legislatif dan Eksekutif baik ditingkat Kabupaten maupun Provinsi, Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Ujung Batu beri Gelar kehormatan Adat kepada Wakil Bupati Rokan Hulu, Wakil Ketua DPRD Rohul serta Anggota DPRD Rohul yang berasal dari Kecamatan Ujung Batu, Selasa (28/06)
Penabalan gelar yang dilaksanakan di Gedung LKA Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu itu dihadiri juga oleh Bupati Rokan Hulu H.Sukiman, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra,ST, M.Si, Ketua MKA LAMR Rohul, Ketua LKA Ujung Batu.
Dalam sambutannya Datuk Bendaharo Kerapatan Adat Ujung Batu, Tuan Dahnil Malik menyampaikan adapun gelar yang diberikan kepada Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan adalah Sebelumnya oleh LAMR Rohul diberikan Gelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Maka Oleh LKA Ujung Batu Diberikan Gelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Guno Nogoi.
“Kemudian Gelar Adat Bagi Wakil Ketua DPRD Nono Patria Pratama Dengan Gelar Adat Datuk Timbalan Setia Mufakat Paduko Amanah dan Bagi Wakil Ketua DPRD Hardi Candra diberi gelar adat Datuk Timbalan Setia Mufakat Sindaro Mudo Julang Amanah,” kata Tuan Dahnil.
Selain daripada itu, anggota DPRD Rohul dari Kecamatan Ujung Batu, seperti, H.Mahmud juga diberi gelar adat dengan gelar Datuk Paduko Alim, Adam Safaat dengan Gelar Datuk Tuah Mufakat Yang Mudo, H. Muhammad Hilir dengan Gelar Datuk Panglimo Bosa, Arisman dengan gelar Datuk Saudagar Kayo, H.Darwin dengan Gelar Datuk Yang Kuaso Mudo, dan Budi Darman dengan gelar Datuk Penghulu Mudo.
“Semoga atas amanah gelar adat yang diberikan bisa dijalankan dengan baik dengan penuh tanggung jawab, sebab gelar ini bukan hanya sekedar gelar melainkan juga merupakan sebuah doa bagi setiap anggota DPRD Rohul yang diberikan amanah,” harap Datuk Bendaharo Kerapatan Adat Ujung Batu.
Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman yang saat itu menyaksikan secara langsung penabalan gelar adat, mengucapkan selamat kepada anak kemenakan yang mendapatkan gelar kehormatan adat.
Disampaikan Datuk Seri Setia Amanah Panglimo Pukaso itu juga bahwa Kabupaten Rokan Hulu juga memiliki keragaman suku bangsa dengan tradisi dan budayanya yang khas dan unik, harus di jadikan sebagai pilar-pilar keunggulan dalam menghadapi persaingan global, nilai-nilai keunggulan dan budaya positif warisan nenek moyang.
“Ini merupakan kearifan lokal yang harus kita apresiasi, kita pelihara, sampai kelak ke anak cucu kita, untuk itu pada syukuran yang kita gelar hari ini hendaknya kita maknai bersama dengan menumbuhkan rasa bijak dalam melaksanakan semua tindakan karena gelar yang diberikan oleh adat merupakan suatu kehormatan yang wajib kita pelihara terutama dalam tatanan hidup bermasyarakat” ujar H.Sukiman.
Terakhir, orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hulu itu berharap kepada anak kemenakan di LKA Ujung Batu yang telah diberi gelar, semoga selalu menjaga amanah dan senantiasa menjaga marwah negeri yang sama-sama kita cintai ini.