Panitia Pilkades Ajukan Pengunduran Jadwal Tahapan Pilkades Serentak di Kepenuhan Hilir ke Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu

PASIRPENGARAIAN – Tahapan Pemilihan Kepala Desa Kepenuhan Hilir Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu terpaksa diundur dari jadwal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Rohul.
Hal ini dipaparkan oleh ketua Panitia Pilkades Kepenuhan Hilir, Abdul Somad kepada awak media Riausmart.com, Sabtu (26/11).
Bukan tak beralasan jelas Abdul Somad, pengunduran tahapan pilkades Kepenuhan Hilir dikarenakan masih adanya Pro kontra ditengah masyarakat terkait data pemilih di PT SJI.
“Hal ini dikarenakan sebelumnya tokoh masyarakat menolak untuk mengikut sertakan pemilih di PT SJI, karena dari pertama kali PT SJI hadir di Kecamatan Kepenuhan tidak pernah diikutsertakan dalam pemilihan tingkat desa,” jelas Abdul Somad.
Tentu hal ini bertolak belakang dengan Undang-Undang Nomor 30 tahun 1999 yang pada pasal 43 menyatakan bahwa setiap warga mendapat hak dipilih dan memilih. Menindaklanjuti hal tersebut, Ketua Panitia Pilkades Kepenuhan Hilir bersama Camat Kepenuhan segera mengambil langkah cepat dengan menggelar rapat dengan tokoh masyarakat Desa Kepenuhan Hilir.
“Tepat malam tadi, Jumat (25/11) kami bersama BPD, Camat Kepenuhan, Plt Kades dan tokoh masyarakat menggelar rapat bersama membahas terkait tahapan Pilkades dan daftar pemilih di PT SJI,” ungkapnya.
Dari hasil rapat tersebut sambung Abdul Somad, tokoh masyarakat Desa Kepenuhan Hilir akhirnya sepakat untuk mengikut sertakan pemilih di PT SJI pada Pilkades Kepenuhan Hilir tahun 2022 mendatang.
“Dan pada kesempatan itu juga, Camat Kepenuhan menyampaikan akan berusaha keras untuk memohon kepada panitia Pilkades tingkat daerah untuk mengajukan pengunduran tahapan Pilkades khususnya di Desa Kepenuhan Hilir,” kata Abdul Somad.
Sementara itu, Camat Kepenuhan, Gustia Hendri ditempat yang terpisah mengatakan, walaupun tahapan pilkades di Desa Kepenuhan Hilir terhitung terlambat, namun panitia pilkades dibawah pengawasan pihak Kecamatan Kepenuhan akan berusaha untuk menyamakan jadwal pelaksanaan Pilkades yakni 8 Desember 2022, sesuai dengan pelaksanaan Pilkades serentak se Kabupaten Rokan Hulu.
“Kita akan berusaha mengejar ketertinggalan jadwal yang telah ditetapkan, meskipun begitu terhadap keberlangsungan tahapan Pilkades Kepenuhan Hilir, Camat Kepenuhan selaku pengawas Tingkat Kecamatan memohon kepada Panitia Pilkades Tingkat Daerah agar mengabulkan terhadap permohonan penundaan tahapan yang telah ditetapkan sebelumnya, karena tanpa ada penetapan perubahan waktu dan tahapan yang terjadi pada Pilkades Kepenuhan Hilir, Panitia Tingkat Desa tidak bisa berbuat banyak,” pungkas Gustia.