Wabup Indra Gunawan Launching Aplikasi Pelikat dan Bentuk Forum TJSP

PASIRENGARAIAN – Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan Launching Aplikasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) Perusahaan Peduli Masyarakat (Pelikat), Kamis (26/10) di Sapadia Hotel, Pasir Pengaraian.
Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Asisten II Setdakab Rohul, H Ibnu Ulya, Kepala Bappeda Rohul, Yusmar M.Si dan beberapa Perusahaan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu tersebut juga diikuti dengan pembentukan Forum Tanggung Jawab sosial Perusahaan (TJSP) Kabupaten Rokan Hulu.
Dihadapan para perwakilan Perusahaan,  Indra gunawan mengaku sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh perusahaan yang telah berinvestasi di wilayah Kabupaten Rokan Hulu.
“Tidak dipungkiri, keberadaan perusahaan tidak hanya dapat membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan, akan tetapi juga turut serta mensejahterakan masyarakat, hal ini perlu kita jaga dan pelihara agar ke depan lebih baik,” kata Wabup.
Wabup berharap kegiatan ini menjadi titik awal lahirnya terobosan dan kesepakatan serta keharmonisan dan komitmen antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat, sehingga tercipta kondusifitas perusahaan dalam berusaha, kemitraan pemerintah dan perusahaan dalam membangun rasa peduli dan terlindungi bagi masyarakat.
“Keberadaan perusahaan dalam pelaksanaan pembangunan di wilayah operasional disamping secara bisnis dapat memberikan keuntungan namun perusahaan juga mempunyai kewajiban untuk peduli terhadap masyarakat dan lingkungan pada wilayah operasionalnya, hal ini telah diatur dalam Undang-Undang nomor 40 tahun 2007 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan,” jelas Wabup.
Selama kurun waktu 16 tahun, diakui pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu, TJSP sudah berjalan dan dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hulu, dimana banyak program dan kegiatan yang telah dirasakan langsung oleh masyarakat, namun saat ini dinilai belum terkelola dan terorganisir secara baik.
“Mudah-mudahan momentum ini dapat lebih memberikan manfaat nyata sekaligus kepedulian yang jelas serta pengelolaan yang profesional, sehingga keberadaan perusahaan di Kabupaten Rokan Hulu semakin dirasakan oleh masyarakat,” tambahnya.
Diakui Wabup, program TJSP oleh perusahaan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu sejauh ini telah dilaksanakan, namun terkesan masih minim dan terpisah pisah antara perusahaan satu dengan yang lain. Sehingga untuk terlihat maksimal, maka diperlukan inovasi dalam pelaksanaan program TJSP/CSR secara terintegrasi sehingga program kegiatan TJSP/CSR menjadi terarah, tepat sasaran dan mempunyai manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.
“Kita semua menyadari, bahwa tanggung jawab sosial perusahaan atau TJSP ini menjadi salah satu hal penting dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan. dalam konteks yang lebih besar dan persaingan yang semakin ketat, perusahaan-perusahaan tidak hanya bertanggung jawab kepada pemegang saham, akan tetapi juga bertanggung jawab terhadap kualitas hidup masyarakat tempatan dimana perusahaan berdomisili,” ungkapnya.
Masih Wabup Indra Gunawan, program TJSP yang telah dijalankan oleh perusahaan-perusahaan di Kabupaten Rokan Hulu tidaklah hanya sekedar kewajiban hukum semata, dimana sudah diatur regulasinya dari pusat sampai ke daerah termasuk sanksi dan akibat hukum yang diterima oleh perusahaan yang tidak melaksanakan program kegiatan TJSP/CSR.
“Sanksinya dimulai dari bentuk peringatan, pembatasan dan pencabutan izin sampai hukuman kurungan,” jelas Wabup.
“Untuk itu, pada hari ini kita berkumpul dan bersama-sama memulai langkah penting dalam memajukan program TJSP di wilayah Kabupaten Rokan Hulu dengan membentuk Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan sebagai wujud komitmen pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam mendorong kemitraan yang kuat antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat,” pungkasnya.