Kabupaten Rohul Terpilih Sebagai Lokasi Pelaksanaan TNI Manuggal Masuk Desa (TTMD) ke 110

PASIRPENGARAIAN – Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terpilih sebagai Lokasi pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 110 oleh Kodim 0313/KPR.
Hal ini disambut hangat oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu, Disampaikan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul, H Abdul Haris M.Si hal ini dinilai dapat meningkatkan pembangunan infrastruktur di Desa.
“Tentunya kita berharap, dengan adanya kolaborasi antara Pemkab dan TNI beserta seluruh masyarakat, tentunya ini akan sangat memberi manfaat lebih bagi hasil pembangunan fisik maupun non fisik yang dilaksanakan dalam TMMD ke 110 ini desa-desa,” jelas Sekda usai mengikuti Pembukaan TMMD ke 110 TA 2021, yang dipusatkan di Pendopo Rumdis Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Selasa (02/03).
Saat diwawancarai oleh awak media, Sekda mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI terutama Kodim 0313/KPR yang sudah mempercayakan kegiatan TMMD ke 110 di Kabupaten Rokan Hulu.
Diakui Sekda, pelaksanaan TMMD ke 110 oleh TNI meliputi kegiatan fisik dan non fisik yang terbagi di 4 Kecamatan, yakni Kecamatan Kabun, Kecamatan Tandun, Kecamatan Ujung Batu dan Kecamatan Rokan IV Koto.
“Jadi pelaksanaan TMMD ini merupakan kolaborasi Pemkab bersama TNI, kegiatan meliputi kegiatan fisik maupun non fisik seperti penyuluhan terhadap Covid-19 termasuk juga kapan pelaksanaan vaksinasi,” katanya.
Lanjut  Sekda, Pemkab Rohul telah menyiapkan penganggaran untuk pelaksanaan TMMD ke 110, Hal ini diakui Sekda sebagai bentuk support Pemkab dalam agenda TMMD kali ini.
“Tentunya kita berharap dari nilai yang disiapkan Pemda nanti bisa lebih baik hasilnya,” tambah Sekda.
Abdul Haris juga mengatakan, selain kegiatan fisik, dalam kegiatan TMMD ke 110 ini juga akan dilakukan kegiatan non fisik seperti penyuluhan di bidang pertanian, perkebunan, antisipasi Covid-19, Karlahut dan vaksinasi Covid-19.
“Jadi semua kegiatan-kegiatan tersebut berkolaborasi dengan dengan jajaran OPD Rohul terkait,” kata Sekda.
Selain itu, untuk memperoleh hasil yang maksimal, Pemkab juga telah mengarahkan Camat dan Kepala Desa yang menjadi sasaran TMMD agar seluruh masyarakatnya berpartisipasi aktif bisa berkolaborasi dengan TNI.
“Sehingga kegiatan ini diharapkan Kemanunggalan TNI dan masyarakat tentunya akan terjadi,” tukas Sekda.
Ditempat yang sama,  Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus Sinaga mengatakan kegiatan TMMD ke 110 ini dilaksanakan secara nasional, sebanyak 50 Kodim yang melaksanakan TMMD dan untuk wilayah Provinsi Riau TMM ke-110 dipilih dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hulu.
Ketika ditanya terkait kenapa Kabupaten Rokan Hulu dipilih sebagai lokasi dilaksanakan TMMD ke 110, Letkof lnf Leo Octavia mengatakan, ini adalah salah satu bentuk kerjasama dan sinergitas antara TNI dengan Kodim 0313 KPR dan Pemkab Rohul.
“Saya sampaikan bahwa pelaksanaan TMMD ini terdiri dari TNI angkatan darat, laut, udara dan polisi,” ujarnya.
Lanjutnya, sasaran kegiatan fisik yang sudah ditetapkan meliputi pembuatan Jalan, Peningkatan badan jalan, Box Culvert drainase dan Semenisasi.
“Semua kegiatan ini dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan khususnya yang sangat bermanfaat secara prioritas bagi masyarakat tempatan yang ada di pedesaan,” jelas Dandim.
Sementara itu, untuk kegiatan non fisik meliputi 17 penyuluhan yang akan dilakukan oleh TNI bekerjasama dengan Polri dan Pemerintah Kabupaten, seperti salah satunya Penyuluhan narkoba, wawasan kebangsaan, kesehatan, pertanian, perkebunan.
“Dari pelaksanaan TMMD ini kami sangat berharap kita selalu bisa bersinergi dan bekerjasama dengan masyarakat jadi kegiatan TMMD ini bukan semata-mata hanya pembangunan dilakukan oleh TNI tetapi tetap bersinergi bekerjasama dengan masyarakat,” pungkasnya
Untuk diketahui kegiatan TMMD ke 110 di Rohul, TNI membangun Box Coulvert di RT 008 RW 003 Dusun Gondo Tengah Desa Bencah Kesuma Kec. Kabun. Pembuatan Box Coulvert di RT 004 RW 005 Dusun Durian Sebatang Desa Sukadamai Kecamatan Ujung.
Kemudian, Peningkatan badan jalan poros barat Pelita 10 sepanjang 2 KM di RT 002 RW 005 Desa Tanjung Jaya Kecamatan Tandun. Peningkatan badan jalan dari RT 006 RW 004 Dusun Bukit Tengku menuju ke RT 016 RW 006 sepanjang 700 meter di Dusun Sri Puti Desa Ujung Batu Timur Kecamatan Ujung Batu.
Membuka jalan dan peningkatan badan jalan puncak Desa Koto Ranah RT 010 RW 005 Dusun III Kec Kabun. Pembangunan Drainase di RT 001 RW 001 Dusun I Desa Rokan Koto Ruang Kec. Rokan IV Koto serta Pembangunan semenisasi jalan di RT 001 RW 006 Dusun III Desa Rokan Koto Ruang Kecamatan Rokan IV Koto, Kab. Rohul.