RSUD Rohul Terima Sertifikat Pelayanan Paripurna Oleh KARS

PASIRPENGARAIAN – Diterima langsung oleh Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rohul terima sertifikat Pelayanan Akreditasi Paripurna Bintang Lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Jakarta.
Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KARS Dr.Sutoto,M.Kes serta turut disaksikan oleh Direktur RSUD Rokan Hulu dr.Zuldi Afki di Aula Sekretariat KARS, Jakarta Selatan, Senin (05/06).
Atas penghargaan yang diterima oleh RSUD Rohul, Bupati Rokan Hulu H Sukiman mengaku sangat mengapresiasi RSUD Rokan Hulu yang kali pertama mendapat Sertifikat Akreditasi Pelayanan Paripurna.
“Tentu ini harus bisa disesuaikan dan menyambung dengan pelayanan masyarakat nantinya,” ungkap Bupati.
Atas pencapaian ini juga, Bupati berharap RSUD Rohul dapat mempertahankan Nilai Akreditasi dengan meningkatkan pelayanan  serta keselamatan pasien agar masyarakat tidak lagi ragu untuk berobat di RSUD Rohul.
“Ini sudah menjadi tugas dari RSUD yang memiliki Akreditasi Bintang Lima,” tambahnya.
Sementara itu, Direktur RSUD Rohul, dr.Zuldi Afki mengatakan bahwa sertifikat Pelayanan Paripurna ini hanya diberikan kepada 8 Rumah Sakit se Indonesia, dimana salah satunya adalah RSUD Rohul.
“Dengan telah diterimanya Sertifikat ini tentu tugas dari RSUD Rohul akan semakin berat dimana harus menjaga mutu pelayanan dan keselamatan bagi Pasien serta meningkatkan mutu dari pelayanan. Karena pada dasarnya Akreditasi Bintang Lima ini didapatkan berdasarkan dari hasil penilaian yang dilakukan pihak KARS secara langsung dimana salah satunya yang dinilai adalah terkait Mutu Pelayanan dan tingkatan keselamatan bagi pasien serta hasil dari penilaian yang dilakukan oleh pasien,” ungkapnya.
Lanjut dr Zuldi juga mengatakan bahwa pihak KARS setiap tahunnya akan melakukan penilaian secara langsung ke RSUD, jika nantinya penilaian tidak sesuai dengan rekomendasi dari KARS, maka bisa jadi nilai akreditasi Rumah sakit akan kembali turun.
“Oleh karena itu jangan sampai mutu dari pelayanan berkurang supaya Akreditasi ini dapat dipertahankan dan seharusnya lebih ditingkatkan,” ujarnya lagi.
Untuk mempertahankan Akreditasi ini juga, diakui dr Zuldi diperlukan peningkatan Sarana dan Prasarana bagi RSUD supaya masyarakat bisa menikmati layanan yang lebih baik selama berobat di RSUD Rokan Hulu.
“Kita berharap kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dapat mewujudkan sarana dan prasarana yang lebih baik lagi di RSUD Rohul salah satunya bangunan Baru RSUD Rohul agar segera bisa di fungsikan. Serta diharapkannya juga dukungan Komitmen dari Bupati dapat memberikan Reward dan Fanisman bagi Karyawan RSUD sebagai penyemangat bagi karyawan RSUD,” pungkasnya.