Hadiri May Day di Rohul, Gubri : Angka Pengangguran di Riau Berkurang

PASIRPENGARAIAN – Bersempena Peringatan Hari Buruh sedunia (May Day), Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar bersama Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman sambangi Luhak Tambusai guna mendengarkan aspirasi masyarakat Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Rokan Hulu.Sabtu (14/05) di Dalu-Dalu, Kecamatan Tambusai, Rokan Hulu.
Sesampai di Lokasi, orang nomor satu di Provinsi Riau itu disambut hangat oleh masyarakat Luhak Tambusai. Dengan diiringi musik Gondang Berogong (red) khas Kabupaten Rokan Hulu, tampak Gubri dipasangkan kalungan bunga, tanda kehadiran Gubri sangat dinantikan oleh masyarakat Kecamatan Tambusai.
Turut hadir dalam acara, Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul, M Zaki, Kapolres Rokan Hulu AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, DPC F- SPTI Kabupaten Rokan Hulu M Syahril Topan ST, Anggota DPRD Rohul, Karneng, serta beberapa Kepala Dinas dan Badan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.
Dalam kata sambutan Ketua DPC F-SPTI Kabupaten Rokan Hulu, M Syahril Topan ST tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Gubri, H Syamsuar dan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman yang menyempatkan hadir dalam rangkaian peringatan hari Buruh Sedunia atau May Day yang diadakan oleh DPC SPTI Rohul.
“Kita juga tidak lupa mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Rohul, H Sukiman yang mana telah merubah Perbup No 35 tahun 2018 untuk kenaikan upah Buruh di Kabupaten Rokan Hulu, sehingga upah buruh bongkar muat di Kabupaten Rokan Hulu terbesar atau tertinggi di Provinsi Riau,” kata Topan.
Pria asal Luhak Tambusai itu juga mengakui saat ini keanggotan SPTI Kabupaten Rokan Hulu telah mencapai diangka 8 ribu anggota.
Masih dalam acara yang sama, Ketua DPC F-SPTI, M Syahril Topan juga membacakan pernyataan sikap yang berisi terkait SPTI Kabupaten Rokan Hulu siap mendukung program pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam mewujudkan Riau lebih baik dan Rokan Hulu maju.
“Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemda Rokan Hulu, khususnya Kepada Bupati Rokan Hulu karena Rokan Hulu merupakan Kabupaten dengan upah bongkar / muat paling tinggi di provinsi Riau sesuai dengan perbup nomor 35 tahun 2018,” bacanya.
Selain itu, isi SPTI Rohul juga meminta kepada Pemerintah Provinsi Riau untuk mengadakan rumah murah bersubsidi bagi buruh SPTI di Rokan Hulu serta meminta kepada Pemerintah Rokan Hulu untuk menindak tegas serta memberi sanksi bagi perusahaan yang belum menerapkan perbup nomor 35 tahun 2018.
“Kami juga meminta, kepada Bupati Rokan Hulu melalui dinas tenaga kerja untuk menertibkan SK ganda di Serikat Pekerja yang lain, demi menghindari konflik buruh di Rokan Hulu,” pungkasnya.
Senada dengan Ketua SPTI Rohul, Gubernur Riau H.Syamsuar kembali mengucapkan selamat kepada seluruh  keanggotaan buruh yang sedang merayakan hari Buruh Sedunia yang bertepatan dengan dengan Lebaran Idul Fitri 1443 H.
“Terkait Rumah layak huni bagi pekerja buruh, seperti yang kita sampaikan tadi, bahwa kami akan berupaya membahas masalah ini dengan BPJS Tenaga Kerja dan Bank terkait demi terwujudnya kesejahteraan para buruh di Rokan hulu dan Riau Pada umum nya,” kata Gubri.
Diakui Gubri Syamsuar, angka pengangguran di Provinsi Riau sejauh ini menunjukkan penurunan, dimana pada Tahun 2020 angka pengangguran di Provinsi Riau berada diangka 6 persen lebih, sedangkan pada Tahun 2021 menjadi lebih kurang 4 persen.
“Pada Tahun 2021 itu, termasuk banyak menyerap tenaga kerja, yakni sebanyak lebih daripada 61 orang yang bisa menyerap tenaga kerja di Provinsi Riau kita ini,” pungkas Gubri.