Gerakan Pangan Murah, Bupati Sukiman: Dapat Kendalikan Inflasi

PASIRPENGARAIAN – Melalui Gerakan Pangan Murah, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berharap kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia tersebut dapat mengendalikan tingkat inflasi pangan di daerah terutama menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2023.
Hal ini disampaikan Bupati saat membuka kegiatan Pasar Murah untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan serentak seluruh Indonesia tahun 2023 yang dilaksanakan di Taman Kota, Pasir Pengaraian, Senin (26/06).
Dalam kegiatan ini, Bupati Rokan Hulu juga didampingi oleh Ketua TP PKK Rohul, Hj Peni Herawati, Kajari Rohul Fajar Haryowimbuko MH, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul, Barikun SP dan beberapa Kepala Dinas maupun Badan di Lingkungan Pemkab Rohul lainnya.
Pada kata sambutan Bupati, H Sukiman mengaku sangat mengapresiasi sekaligus berterima atas dilaksanakannya kegiatan gerakan pangan murah yang di taja oleh pemerintah pusat, melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas).
“Diharapkan dengan kegiatan ini mampu menstabilisasi pasokan dan harga pangan serta menjaga daya beli masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu sekaligus mengendalikan tingkat inflasi pangan di daerah terutama menjelang hari Raya Idul Adha tahun 2023,” kata Bupati.
Diakui Bupati, gerakan pangan murah yang di taja oleh Bapanas, merupakan salah satu bentuk langkah strategis pemerintah pusat dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).
“Kami berharap seluruh masyarakat yang menjadi pemanfaat program gerakan pangan murah ini, kiranya dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya,” harap Bupati.
Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang disesuaikan dengan perkembangan kemajuan tekhnologi, orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk itu juga mengakui bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu telah melaunching sebuah aplikasi pemantauan harga yang bernama E-Sembako plus, dimana aplikasi ini bisa diakses oleh masyarakat Rokan Hulu melalui hp atau android.
“Sehingga memudahkan masyarakat mengetahui pergerakan harga barang di pasar. untuk mengetahui suatu harga barang terutama harga bahan pokok masyarakat bisa tanpa harus datang ke pasar,” jelas Bupati.
Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul, Barikun SP mengatakan bahwa bahan-bahan pokok yang dijual pada kegiatan Gerakan Pangan Murah jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran.
“Melalui kegiatan ini, pangan untuk masyarakat Kabupaten Rokan Hulu dapat terpenuhi, baik dari jumlahnya, mutunya maupun kualitas dan yang terpenting adalah merata,” jelas Barikun.