442 JCH Rohul Ikuti Manasik Haji Tingkat Kabupaten

PASIRPENGARAIAN – Sebanyak 442 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Rokan Hulu sudah mulai melaksanakan Manasik Haji di Masjid Islamic Center Rokan Hulu.
Kegiatan Manasik Haji telah dibuka oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman dan dilakukan selama tiga hari dimulai sejak Rabu (03/05) hingga Jumat (05/05).
Disampaikan Bupati Sukiman, pasca pandemi covid-19 dalam beberapa tahun terakhir yang melanda di beberapa wilayah di Dunia termasuk Indonesia, akhirnya pada tahun ini Pemerintah telah mendapatkan izin dari Pemerintah Arab Saudi untuk kembali memberangkatkan Jama’ah Haji dengan kuota normal.
“Alhamdulillah, berkat ikhtiar dan doa kita semua yang telah diijabah oleh Allah SWT, pada tahun 2023 ini, kabupaten Rokan Hulu mendapat kuota sebanyak 442 Jamaah Calon Haji,” ungkap Bupati, Jumat (05/05)
Lanjut Bupati, kegiatan Manasik bagi jamaah calon haji sengaja dilakukan, sebagai salah satu bentuk komitmen, keseriusan serta kepedulian Pemerintah terutama dalam mempersiapkan jamaah calon haji, sehingga para JCH dapat benar-benar memahami dan mengetahui pelaksanaan ritual ibadah haji secara baik dan benar.
“Oleh karena itu, kami berharap kepada para jama’ah calon haji untuk dapat mengikuti kegiatan manasik ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga bisa kembali nantinya ke tanah air dengan haji yang mabrur,” tambah Bupati.
Selain daripada itu, mengingat perjalanan Haji adalah kegiatan ibadah yang bukan perjalanan wisata religi, Bupati juga berpesan kepada para jamaah Haji untuk mempersiapkan fisik dan mental yang kuat. hal ini dianggap penting, perjalanan serta ritual ibadah yang cukup panjang serta kondisi cuaca di kota Mekah dan Madinah yang sangat jauh berbeda dengan kondisi cuaca di tanah air ini.
“Tetap menjaga kekompakan, saling tolong menolong, karena kondisi dan suasana yang akan dihadapi nanti pasti akan berubah dengan kondisi di tanah air. hilangkan sikap egois, atau sikap mau menang sendiri dan merasa benar sendiri. buang jauh-jauh sikap yang tidak baik dan bangun rasa kasih-sayang dan semangat kebersamaan, perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan, kembangkan jiwa solidaritas, pupuk sikap toleransi dan saling menghormati serta berakhlakul karimah,” harap Bupati panjang lebar.
Sementara itu, Kakan Kemenag Rohul, Zulkifli Syarif mengaku dari Pelaksanaan Manasik Haji Tingkat Kabupaten dilaksanakan selama 3 hari, dimana Khusus hari ketiga (Jumat), akan dilaksanakan praktek manasik haji yang mana kegiatan ini khusus didanai oleh Pemda Kabupaten Rokan Hulu.
“Nantinya juga akan dilaksanakan Manasik Haji ditingkat kecamatan sebanyak 8 kali pertemuan,” jelas Kakan Kemenag.
Selanjutnya, jumlah Jamaah Calon Haji tahun 2023 ini dijelaskan Kakan sebanyak 442 dengan rincian sebagai 379 Jamaah yang porsinya berhak melunasi tahun ini, 20 orang lanjut usia, 43 cadangan dan 2 orang petugas haji daerah.
“Untuk usia, Rentang usia jamaah haji kita diantara 14 sampai 40 Tahun ada sebanyak 11 orang,  41 sampai 70 Tahun sebanyak 312 Orang dan  71 tahun sebanyak 57 orang,” tambah Kakan.
Dari 442 Calon Jamaah Haji asal Rohul, dijelaskan Kakan Zulkifli, 123 diantaranya adalah Petani, 34 orang bekerja Swasta, 88 orang sebagai PNS, 149 IRT, 32 orang Pedagang dan 1 orang dari kalangan POLRI.