Peringati Nuzul Quran, Wabup Rohul Ajak Masyarakat Tingkatkan Pengalaman Al-Quran

PASIRPENGARAIAN – Melalui Peringatan Peristiwa Nuzul Al-Quran Tahun 1443/H/2022 M, Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan, ajak seluruh masyarakat di Negeri Seribu Suluk untuk meningkatkan pemahaman, Penghayatan, dan pengamalan terhadap Al-Quran.
Peringatan Nuzul Quran oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sendiri dilaksanakan di Masjid Islamic Center Rokan Hulu, Pasir Pengaraian, Ahad malam (17/04) pasca menyelenggarakan Shalat Tarawih berjamaah.
Dijelaskan Wabup, Al-Qur’an merupakan risalah terakhir yang sempurna bagi ummat manusia, dimana Al-Qur’an berisikan ilmu pengetahuan yang harus direpresentasikan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
“Untuk itu kami mengajak kepada kita semua, marilah kita jadikan momentum peringatan Nuzul Al Qur’an 1443 H tahun ini sebagai langkah maju kita bersama untuk lebih meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kita terhadap Al-Qur’an, sehingga akan lahir pribadi-pribadi yang beradabkan Al-Qur’an yang pada akhirnya akan tercipta masyarakat dan generasi muda Rokan Hulu yang Qur’ani di masa yang akan datang,” jelas Wabup panjang lebar.
Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu juga mengajak kepada seluruh masyarakat Rokan Hulu untuk senantiasa melaksanakan kewajiban dan meninggalkan larangan Allah SWT.
“Marilah kita menjalankan amalan-amalan sunnah dan fardhu di bulan Suci Ramadhan ini, bulan yang setiap amal ibadah yang kita kerjakan akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. untuk itu, mari kita hindari perbuatan yang tidak bermanfaat bagi diri sendiri dan apalagi perbuatan yang menimbulkan kerugian bagi orang lain,” tambah Wabup.
Tidak cukup sampai disitu, Wabup Indra Gunawan, juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Rohul untuk dapat menjaga kedamaian dan ketentraman dengan bersikap saling menghargai, memahami, dan mengutamakan toleransi dalam setiap perbedaan serta menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
“Mudah – mudahan hikmah dan kebaikan-kebaikan yang terkandung di Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah tahun ini dapat kita raih untuk mencapai hidup bahagia di dunia dan di akhirat. amiin ya robbal ‘alamin,” Pungkas Wabup mengakhiri.
Sementara itu, Kh. H. Muhammad Zulhendri   lc. Ma dalam ceramahnya menceritakan terkait turunnya Al-Quran melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. (Galeri)